Jamu Leipzig, Bayern Pertaruhkan Gengsi

Rabu, 21 Desember 2016 | 11:00
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Sudah hampir lima musim adrenalin para penggawa Bayern Muenchen tidak bergolak seperti musim ini. Penyebabnya Die Roten, julukan Bayern, nyaris tak punya rival ketat dalam perburuan gelar. Juga empat musim berturut Bayern memenangi Bundesliga dengan gampang.           

Akan tetapi kedatangan tim promosi RasenBallsport (RB) Leipzig musim ini berhasil mengusik Bayern. Sampai dengan spieltag ke-15, Si Banteng Merah, julukan RB Leipzig, menyamai Bayern dalam pengumpulan poin di puncak klasemen.  Sehingga bentrok Bayern versus Leipzig dini hari nanti (22/12) di Allianz Arena pada spieltag ke-16 ini memiliki peran vital dalam konfigurasi klasemen. Kalau  Bayern menang, maka Philipp Lahm dkk akan menjauh dari kejaran Leipzig.

Menuju laga ini atmosfer tinggi sudah terbangun. Masing-masing wakil klub melemparkan pernyataan panas. Di mata Bayern, klub semenjana yang baru seumur jagung seperti Leipzig belum layak sombong. Sedang Leipzig menggugat Bayern buat 'kerakusan' nya di Bundesliga.

Seperti diberitakan ESPN kemarin (20/12) direktur olahraga Leipzig Ralf Rangnick secara terang-terangan menantang Bayern. Pria berusia 58 tahun itu optimis bisa mengakhiri dominasi Bayern.   “Kami bepergian ke Muenchen untuk mendapatkan tiga poin dan bukan pulang dengan tangan kosong. Ambisi kami buat menjungkalkan Bayern tak bisa ditahan siapapun,” tutur Rangnick.

Der trainer Leipzig Ralph Hasenhuettl kepada Sky Sports kalau timnya sudah bangkit pasca kekalahan 0-1 atas Ingolstadt (10/12) lalu. Buktinya Sabtu (17/12) lalu Leipzig menang 2-0 atas Hertha Berlin di Redbull Arena.   “Pertandingan kami versus Bayern akan menyadarkan seluruh Jerman kalau kami bisa melampaui apa yang tak bisa dilakukan klub-klub lain di Jerman,” sebut Hasenhuettl.

Dalam sejarah Bundesliga hanya sembilan tim yang bisa mengumpulkan poin lebih dari 36 setelah melakoni 15 pekan seperti yang dilakukan Bayern dan Leipzig musim ini. Dan dari sembilan klub tersebut delapan diantaranya menjadi kampiun. 

Satu-satu yang gagal diantara sembilan klub itu hanya Bayer Leverkusen pada musim 2013-2014. Setelah pekan ke-15, Leverkusen meraih 37 poin namun di akhir musim Leverkusen finis keempat dengan poin 67.

Pihak Bayern sendiri merasa kupingnya panas atas omong besar yang dilakukan oleh pihak Leipzig. Apalagi Leipzig adalah 'anak haram' dari Bundesliga. Mereka adalah klub hasil kloningan dari perusahaan energy drink yang bermarkas di Austria.  Kiper Bayern Manuel Neuer seperti diberitakan Daily Mail kemarin menuturkan kalau rival utama mereka musim ini adalah Borussia Dortmund. Bukan Leipzig yang di klasemen berada di posisi runner-up.

 

 “Saya tak berpikir kalau Leipzig bisa memberikan tekanan sebesar yang isa dilakukan Dortmund kepada kami empat atau lima musim terakhir. Saya berharap pasca musim dingin, Dortmund bisa comeback,” tutur Neuer. Untuk sementara Dortmund sampai spieltag ke-15 tercecer di posisi kelima klasemen dan berjarak sepuluh angka dengan Bayern (26-36).

Neuer punya hak sombong jelang pertemuan dengan Leipzig musim ini di Allianz Arena. Dalam delapan laga kandang, hanya dua kali raksasa Bavaria itu ditahan imbang. Masing-masing oleh Koeln (1/10) dan Hoffenheim (5/11).  Sebaliknya sebelum kalah oleh Ingolstadt, Leipzig mencatatkan hasil apik di semua laga away. Yakni lima kali menang dan dua imbang.

Menuju laga ini, lini belakang Bayern kehilangan sosok tangguh Jerome Boateng. Juga Kingsley Coman dan Julian Green. Ketiganya absen karena cedera. Sebagai pengganti Boateng, maka diplotlah Javi Martinez buat tandem Mats Hummels.

Sedangkan di kubu Leipzig, Lukas Klostermann, Marvin Compper, dan Kyriakos Papadopoulos    absen karena cedera. Lalu Naby Keita dan Marcel Halstenberg diragukan tampil karena belum fit 100 persen. (dra)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%