Copa del Rey

Barcelona Ingin Tumpahkan Amarah Terhadap Athletic Bilbao

Rabu, 11 Januari 2017 | 09:19
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Lionel Messi

INDOPOS.CO.ID- Kekalahan 1-2 dari Athletic Bilbao di San Mames (6/1) bukan akhir segalanya bagi Barcelona. Kans lolos ke perempat final Copa del Rey masih sangat terbuka. Sebab, Barca akan bertindak sebagai tuan rumah dalam leg kedua di Camp Nou dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 03.15 WIB).

Menang dan lolos dari hadangan Bilbao sangat penting seiring dengan kegagalan Andres Iniesta dkk memenangkan dua laga awal tahun ini. ”Pertandingan akan berlangsung dalam tempo tinggi seperti pertemuan sebelumnya. Tetapi, kami tentu sudah mempersiapkan diri dengan lebih baik,” kata entrenador Barca Luis Enrique kepada harian olahraga Spanyol AS.

Enrique boleh saja menyatakan begitu. Di lapangan, Barcelona seperti kehilangan naluri golnya. Serangan tetap dibangun rapi, tapi peluang menciptakan gol tak kunjung muncul. Kerja sama Iniesta-Neymar-Messi-Suarez tetap kental, namun tetap saja tim Catalan ini tetap saja gagal menciptakan gol. Melawan Villareal di La Ligajadi contonh paling aktual.  Barcelona yang menguasai pertandingan, tetapi justru tuan rumah Villareal yang lebih banyak menciptakan peluang berbahaya.

Untung saja Barca punya Messi. Kalau saja mereka tidak mendapatkan tendangan bebas pada saat –saat terakhir, bukan tidak mungkin  Barcelona harus pulang dengan kepala tertunduk. Lebih dari itu, Villareal bahkan hanya bermain dengan 10 pemain pada saat Messi menjelang akhir pertandingan. Hasil imbang adalah sebuah realitas yang harus disyukuri Barcelona.

Yang jelas, hasil itu membuat posisi Enrique terus digoyang. Meski belum secara terang-terangan, Barcelona memang sudah menyiapkan operasi khusus untuk mencari pelatih baru. Dua nama paling kuat yang kini tengah mencuat adalah pelatih Sevilla Jorge Sampaio dan pelatih Everton Ronaldo Koeman.

Dari kedua figur ini,  tampaknya kans Koeman sangat besar. Barcelona bukan tidak mungkin akan membajak Koeman dari Goodison Park, kandang Everton, ke Camp Nou. Nama Koeman memang santer-santer disebut karena pria asal Belanda itu dianggap tahu persis nyawa dan citra tiki-taka klub. Sebab, Koeman memang pernah menjadi bintang lini belakang Barcelona pada 1990-an. 

Soal Sampaio agak berat. Karena Sevilla tampaknya tidak menginginkan Sampaio meninggalkan proyek besar yang kini tengah mereka garap untuk mengembalikkan keseimbangan tim sekaligus memapankan stok sebelum dilego dengan harga tinggi ke klub-klub yang berminat.

‘’Saya tidak mau ambil pusing dengan isu yang berkembang di luar sana. Konsentrasi saya sekarang adalah mengawal Barcelona untuk melumpuhkan Athletico Bilbao. Soal lain-lainnya, itu urusan nanti,’’ sebut Enrique dalam wawancaranya dengan salah satu radio Catalan.

Enrique, konon, sudah meminta pemainnya berkonsentrasi penuh dan membalas kekalahan itu. Begitu seriusnya Enrique menghadapi partai itu, sampai-sampai ia melarang para pemain Barcelona menghadiri pengumuman pemain terbaik FIFA 2016 yang akhirnya dimenangkan Cristiano Ronaldo, kompetitor Messi dari Real Madrid.

Secara terpisah, entrenador Bilbao Ernesto Valverde dibuat pusing karena harus mencari pengganti dua pemainnya yang terkena kartu merah dalam pertemuan pertama. Masing-masing Raul Garcia dan Ander Iturraspe. Bukan hanya itu, Bilbao juga gagal membawa modal bagus setelah ditahan Alaves tanpa gol dalam laga terakhirnya di La Liga (8/1). ‘’Saya berharap mereka bertarung seperti pada pertandingan pertama. Saya tidak ingin membiarkan para pemain Barcelona mengacak-acak pertahanan kami. Kami akan melawan mereka dengan sepenuh hati,’’ ucap Ernesto. (dra/c9/dns) 

 

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3) : 1-Ter Stegen (g) ; 18-Alba, 3-Pique, 23-Umtiti, 19-Digne ; 8-Iniesta (c), 5-Busquets, 4-Rakitic ; 10-Messi, 9-Suarez, 11-Neymar

Pelatih : Luis Enrique

Athletico Bilbao (4-2-3-1) : 1-Iraizoz (g/c) ; 2-Boveda, 16-Etxeita, 4-Laporte, 24-Balenziaga ; 7-Benat, 6-San Jose ; 11-Inaki, 10-Muniain, 25-Saborit ; 20-Aduriz

Pelatih : Ernesto Valverde

Stadion Camp Nou, Barcelona

Wasit : Gil Manzano

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%