Ditinggal Personil Team Principal, Renault – Mercedes Siapkan Pengganti

Kamis, 12 Januari 2017 | 08:14
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Salah satu pembalap Renault dalam kejuaraan Formula One (F1), baru-baru ini.

INDOPOS.CO.ID- Tim Renault harus kehilangan Team Principal-nya, Frederic Vasseur, sebelum Formula One (F1) 2017 dimulai. Perbedaan visi dengan manajemen Renault rupanya menjadi alasan Vasseur memilih untuk pergi. Menurut Vasseur, saat ini dia tidak merasa sepaham lagi dengan manajemen Renault. Dengan perbedaan yang telah dirasakannya tersebut, dia merasa pilihan yang terbaik adalah dengan berpisah.

“Sudah terlalu banyak perbedaan visi di dalam manajemen tim. Jadi, inilah saatnya yang tepat untuk saya pergi. Jika Anda ingin tampil di F1, Anda butuh punya satu pemimpin dalam satu tim dan satu cara. Jika Anda memiliki dua visi, maka hasil yang akan diraih tim menjadi lambat,” sindir Vasseur, diberitakan Autosport, Rabu (11/1).

Sepeninggalnya Vasseur, untuk sementara ini Tim Renault akan ditangani Jerome Stoll dan Cyril Abiteboul. Stoll akan bertugas sebagai presiden tim, sedangkan Abiteboul akan menjabat sebagai managing director.

Seperti diberitakan Vasseur, memilih mundur dari perannya. Perpisahan Vasseur dengan Renault dinilai mengejutkan lantaran keduanya baru saja merilis dan membangun kembali skuad F1 di 2016. Meski demikian, perpisahan Vasseur dengan Renault diyakini terjadi secara baik-baik. Dalam pernyataan resminya, Renault mengatakan mereka dan Vasseur tetap akan menjaga hubungan baik di masa depan dan tak menutup peluang untuk kembali bekerja sama suatu saat nanti.

Renault sendiri belum merilis rencana mereka untuk Formula One (F1) musim 2017. Kabarnya, detail perencanaan untuk musim 2017 akan dirilis ketika mereka mengenalkan mobil baru pada 21 Februari mendatang.

Dari tim Mercedes pun diinformasikan bahwa Direktur Teknis Mercedes Paddy Lowe, secara resmi telah meninggalkan tim F1. Kepastian itu diumumkan langsung pihak Mercedes. Dikutip dari Crash, rencana kepergian Lowe memang telah beredar cukup lama. Kabarnya, setelah meninggalkan Mercedes, Lowe akan berlabuh ke tim Williams. 

Dalam tiga setengah tahun terakhir, Lowe telah mengabdikan diri bersama pabrikan asal Jerman ini. Lowe telah membantu tiga kali beruntun untuk gelar juara dunia F1, dan juga tiga kali juara konstruktor. Kontrak Lowe bersama Mercedes sebenarnya berakhir pada Mei, dan ia kini tengah mengambil cuti. Namun, kabar kepergian Pat Symonds membuka pintu bagi Lowe untuk hijrah ke Williams. “Lowe sangat berperang dalam perjalanan Mercedes selama 3,5 tahun terakhir. Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusinya selama ini. Kami akan melanjutkan kesuksesan kami di tahun sebelumnya, dan seterusnya," kata Kepala Tim Mercedes F1, Toto Wolff. 

Lowe merupakan tokoh kunci bagi Mercedes, semenjak teknologi Hybrid V6 pada 2014. Lowe bukan orang baru di Williams. Sebab, ia memulai karier tekniknya pada 2005 di Williams.

Sementara itu, untuk mengarungi musim 2017, Mercedes dikabarkan juga melakukan perombakan besar di divisi teknis. Aldo Costa, akan menjabat sebagai direktur teknis, dan Mark Ellis sebagai performance director. Chief operating officer dijabat Rob Thomas, dan direktur teknologi akan dipegang oleh Geoff Willis. (oks/dts)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%