F1 2017 Dibuka dengan GP Seri Australia

Mercedes Masih Berkutat Cari Pengganti Rosberg

Kamis, 12 Januari 2017 | 08:44
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Nico Rosberg

INDOPOS.CO.ID- Tim Mercedes saat ini masih mencari siapa pembalap yang tepat untuk mengisi peran yang ditinggalkan Nico Rosberg. Dari sekian nama yang dirumorkan, malah muncul pula nama pembalap MotoGP, Valentino Rossi di antaranya. Rossi secara tak terduga masuk dalam kandidat pengganti Rosberg meskipun saat ini dia berstatus sebagai pembalap motor kelas utama. Bahkan, rider Tim Movistar Yamaha tersebut dinilai sempurna untuk menggantikan Rosberg.

Penilaian tersebut disampaikan mantan pembalap Formula One (F1) Alex Zanardi. The Doctor -julukan Rossi- nilai Zanardi, sangat cocok untuk beralih menjadi pembalap F1. Hal itu pun dinilai akan berdampak baik untuk F1. Citra F1 memang dikatakan sedang menurun. Dalam beberapa tahun terakhir, kompetisi balap mobil kelas utama tersebut mengalami penurunan penonton karena dianggap tidak lagi menarik dan kompetitif.

“Memang ini bukan pilihan yang paling logis dalam olahraga. Namun, itu akan menjadi kesempatan yang sempurna agar memberikan peningkatan citra F1. Terutama di televisi,” kata Zanardi.

Tim Mercedes masih belum menentukan siapa pembalap yang akan menjadi rekan setim driver-nya, Lewis Hamilton, di F1 2017. Saat ditanya soal hal tersebut, Chairman Non-Executive Mercedes, Niki Lauda, mengakui timnya pusing mencari pengganti Rosberg.

Setelah membawa Mercedes menjadi juara dunia di F1 2016, Rosberg memilih mundur dan pensiun sebagai pembalap. Keputusan mendadak tersebut membuat banyak pihak terkejut. Alhasil, kini The Silver Arrows -julukan Mercedes- harus mencari penggantinya untuk musim 2017.

Sayangnya, hingga kini Mercedes masih belum bisa menemukan pengganti Rosberg. Beberapa pembalap dikaitkan dan dirumorkan akan menggantikan mantan pembalap asal Jerman tersebut, namun kenyataannya belum ada yang jadi kenyataan. “Semua ini sangat rumit,” kata Lauda kepada Blick, diwartakan F1i, Rabu (11/1).

Pembalap Tim Williams, Valtteri Bottas, merupakan salah satu pembalap yang banyak disarankan kepada Mercedes. Akan tetapi, The Silver Arrows dirumorkan enggan merekrut Bottas dan memberikannya gaji sesuai dengan diterima Rosberg.

Sementara itu, F1 2017 akan dibuka dengan grand prix (GP) seri Australia. Sebagai seri pembuka, pihak penyelenggara GP Australia pun telah menentukan jadwal lengkap untuk balapan musim ini. Sebagaimana diberitakan GP Update, Rabu (11/1), GP Australia akan kembali dilangsungkan di Sirkuit Albert Park yang terletak di Kota Melbourne. Balapan GP Australia akan berlangsung pada 24-26 Maret 2017.

Seperti biasanya, hari pertama atau tepatnya Jumat (24/3), akan dilangsungkan sesi free practice (latihan bebas) pertama pukul 12.00 waktu setempat (atau pukul 08.00 WIB). Setelah itu dilanjutkan dengan free practice kedua yang berlangsung pada pukul 16.00 waktu setempat (pukul 12.00 WIB).

Pada hari kedua atau Sabtu 25 Maret 2017, akan berlangsung sesi free practice ketiga dan kualifikasi. Free practice ketiga dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.00 waktu setempat (pukul 10.00 WIB), sedangkan sesi kualifikasi pada pukul 17.00 waktu setempat (pukul 13.00 WIB). Hari terakhir, barulah berlangsung sesi lomba. Sayangnya untuk sesi lomba ini, pihak penyelenggara GP Australia belum menentukan pukul berapa tepatnya balapan akan dilangsungkan di Sirkuit Albert Park. (oks)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%