Proses Naturalisasi Ezra Walian Beres

Kamis, 12 Januari 2017 | 09:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ezra Walian

INDOPOS.CO.ID- Ambisi besar Ezra Walian untuk bisa mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia, berjalan mulus. Ya, pihak PSSI mengatakan, proses naturalisasi striker Ajax Amsterdam U-21 itu sudah clear. Pemain berdarah Manado dan Belanda itu hanya menunggu tanda tangan dari Kemenkumham (Kemenkumham) untuk mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia. 

"Semua proses (naturalisasi) sudah tuntas," tegas Iwan Budianto, wakil ketua PSSI Bidang Timnas kemarin (11/1). "Tapi, kami belum bisa memberikan banyak komentar terkait status dia di Timnas nanti, karena dia masih terikat dengan negara asalnya," jelas pria yang pernah menjadi manajer Persik Kediri ini. 

Pemain yang masih berusia 19 tahun itu memang sudah lama masuk radar Indonesia untuk dinaturalisasi layaknya gelandang serang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly. Gayung bersambut, Ezra yang menjalani liburan di Manado akhir Desember lalu, dimanfaatkan oleh PSSI untuk menyaksikan bakatnya secara langsung. 

Bersama dengan Martunis, anak angkat Cristiano Ronaldo, Ezra menjalani laga persahabatan di lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur. Ketika itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun langsung menunjukkan reaksi positif untuk mensponsori Ezra agar segera mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia. 

Bila proses naturalisasi Ezra tersebut berjalan mulus, maka dia akan diproyeksikan untuk membela Indonesia di dua even internasional terdekat. Masing-masing adalah SEA Games Malaysia 2017 dan Asian Games di Jakarta, 2018 mendatang.

"Dia adalah salah satu pemain yang sangat potensial untuk Indonesia," kata Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga,

Ezra adalah pemain berdarah Indonesia yang lahir di Amsterdam pada 22 Oktober 1997 silam dari Ayah asli Manado, Glenn Walian serta sang Ibu Linda Bos asli Belanda. Pemain yang sudah lima musim dikontrak Ajax Amsterdam itu telah lama menjadi langganan Timnas Belanda mulai dari U-15 (2012), U-16 dan U-17 pada 2013 lalu. (ben/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
100%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%