Berebut Total Hadiah Rp 3,3 M di Djarum Superliga Badminton 2017

Kamis, 12 Januari 2017 | 10:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
AudinaTim Putri Jayaraya Jakarta

INDOPOS.CO.ID– Inilah salah satu pentas bulutangkis terakbar di Indonesia, Djarum Superliga Badminton 2017 yang dipentaskan di Surabaya 19-26 Januari. Setelah vakum setahun, ajang kali ini akan menampilkan masing-masing 10 tim putra dan putri (selengkapnya lihat grafis) untuk memperebutkan total hadiah USD 250 ribu (sekitar Rp 3,3 miliar).

Selain itu, tim lokal juga akan mendapatkan kompensasi dari Superliga senilai USD 6 ribu (Sekitar Rp 79,9 juta) untuk mendatangkan bintang bulutangkis luar negeri. Hal ini disampaikan Direktur Djarum Superliga Badminton, Achmad Budiharto dalam konferensi press di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta kemarin (11/1).

Jumlah tersebut meningkat 4 kali lipat dari subsidi yang mereka berikan dua tahun lalu yakni hanya sekitar USD 1500 (Rp.19,9 juta). "Subsidi itu kami berikan saat untuk mendatangkan pemain asing," ujar Budi-sapaan karib Achmad Budiharto.

Secara teknis, ajang Superliga Badminton diharapkan bisa memberikan impact terhadap perkembangan dan kemampuan pebulu tangkis tanah air. Turnamen beregu seperti ini juga akan menjadi salah satu momentum untuk pembuktian pemain muda Indonesia. Sejumlah pemain asing dipastikan bakal ambil bagian dalam turnamen yang akan digelar di DBL Arena, Surabaya tersebut.

Sejumlah nama seperti, mantan bintang timnas Korea Selatan, Lee Yong-dae akan kembali memanjakan publik bulu tangkis di Surabaya. Selain itu, masih ada pebulu tangkis Korsel lainnya, Son Wan-ho dan Lee Hyun-il. Ada juga bintang muda tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi yang juga akan tampil di Superliga nanti.

"Kami di Superliga juga berkomitmen untuk membantu klub untuk menghubungkan dengan pemain asing yang dimaksud," terang Budi. Dalam konferensi press tersebut turut hadir Ketum PP PBSI, Wiranto dan bos Djarum, Yan Haryadi Susanto.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto berharap ke depan pihaknya juga akan memberikan kesempatan buat pebulu tangkis pelatnas untuk tampil di ajang serupa di luar negeri. Dengan demikian juga akan memberikan income lainnya buat pemain yang bersangkutan. "Ajang seperti ini penting untuk mental pemain," terangnya.

Hingga kemarin, masih ada satu slot tim peserta di sektor putra yang masih menunggu keputusan. Kabarnya, klub Surabaya seperti Tjakrindo Masters ataupun klub lain Guna Dharma juga berminat untuk ikut ambil bagian.

Sementara itu, Hariyanto Arbi, manajer Musica Champions mengatakan kalau timnya sudah memastikan jasa duo Korsel, Lee Yong-dae dan Lee Hyun-il. "Kami juga masih menjajaki komunikasi dengan pemain yang lain," bebernya. Rencananya, pada 24 Januari nanti materi pemain setiap klub sudah bisa diketahui.

Sebab saat itu adalah batas akhir entry by name buat setiap klub peserta. Seperti turnamen sebelumnya, Musica kali ini juga menggaet sejumlah pemain Tangkas Jakarta. Nama nama seperti Jonatan Christie ataupun Wahyu Nayaka juga dipastikan akan bergabung dengan tim yang berstatus sebagai juara bertahan tersebut. "Selain itu, kami juga sudah dapat jasa Ginting (Anthony Sinisuka Ginting, Red)," ucap mantan juara tunggal putra dunia 1996 silam. (bam/nap)

Pesertanya masing-masing 10 Klub

PUTRA

1. Djarum Kudus (Jawa Tengah)

2. Gifu Tricky Panders (Jepang)

3. Berkat Abadi Banjarmasin (Kalimantan Selatan)

4. Suryanaga Mutiara Timur (Jawa Timur)

5. Musica Champion Jakarta (Jakarta)

6. USM Blibli.com Semarang (Jawa Tengah)

7. Mutiara Cardinal Bandung (Jawa Barat)

8. Granular (Thailand)

9. Hitachi (Jepang)

10. To be confirmed

PUTRI

1. Djarum Kudus (Jawa Tengah)

2. Jaya Raya Jakarta (Jakarta)

3. USM Blili.com Semarang (Jawa Tengah)

4. Mutiara Cardinal Bandung (Jawa Barat)

5. Berkat Abadi Banjarmasin (Kalimantan Selatan)

6. Suryanaga Mutiara Timur (Jawa Timur)

7. Granular (Thailand)

8. Hokuto Bank (Jepang)

9. Saishunkan Ltd (Jepang)

10. Gifu Triky Panders (Jepang)

Sumber: Djarum Superliga Badminton 2017

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%