CDM ISG Azerbaijan

Kamis, 12 Januari 2017 | 11:55
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ketua KOI Erick Thohir

INDOPOS.CO.ID-Ketua KOI  Erick Thohir mengatakan, Gubenur Sumatera Selatan Alex Noerdin telah  ditunjuk sebagai   menjadi Komandan Kontingen Indonesia di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan. Alex dipilih karena  dinilai berpengalaman sebagai CDM kontingen Indonesia di SEA Games Laos dan sukses sebagai tuan ISG di Palembang.

“ Kalau KOI, KONI, Satlakpria dan  Kemenpora  kompak, mudah sekali untuk menunjuk CDM. Contohnya menunjuk Alex Noerdin menjadi CDM ISG 2017 di Baku, Azerbaijan,”  ujar Erick Tohir saat memberikan sambutan diacara pengukuhan pengurus PRSI di Jakarta, kemarin.

Meski demikian, untuk CDM SEA Games 2017 di Malaysia, Erick mengaku masih meminta persetujuan dari Kemenpora. “ Namanya sudah ada, tapi sebagai orang jawa kami harus kulo nuwun dulu dengan Kemenpora,” kata bos  Intermilan tersebut.

Sementara  Alex Noerdin membenarkan dirinya  telah ditunjuk sebagai CDM ISG di Baku, Azerbaijan. Alex mengaku siap memangku tugas tersebut karena dirinya pernah menjadi CDM Kontingen Indonesi a di SEA Games Laos. “ Ya, saya siap menjadi CDM ISG 2017 di Baku. Nanti, kita sama-sama kesana ya,” ujar Alex Noerdin usai menghadiri pengukuhan  pengurus PRSI.

Dilain sisi mengenai  mengenau Pembangunan sirkuit MotoGP di Palembang,  Alex  memperkirakan membutuhkan biaya Rp500-600 miliar. Namun,  dana itu sepenuhnya akan ditanggung oleh pemodal. Alex menegaskan, jumlah anggaran itu belum final. Namun, dia bisa memastikan berapapun anggaran yang dibutuhkan, semua berasal dari pihak ketiga."Tidak pakai APBD. Kalau pakai juga sedikit saja," kata Alex  

Terkait pengelolaan, Alex menyebut nanti akan ada peran Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan konsorsium, sementara Pemprov Sumsel barangkali hanya menjadi pemegang saham."Yang penting itu ada dan jadi," tandasnya. Lebih lanjut Alex mengatakan  saat ini ia sedang menunggu perancang sirkuit MotoGP terkemuka, Herman Tilke, untuk menyelesaikan desain sambil menanti rencana master yang dijadwalkan rampung akhir Januari ini.

"Kemudian dilanjutkan penunjukan investor. Ada dua calon investor dari luar negeri dan satu dari Indonesia. Nanti kami adu. Mudah-mudahan akhir bulan depan (Februari) sudah bisa mulai," jelas Alex.

Menurut masterplan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, butuh 14 bulan untuk pembangunan sirkuit. Sirkuit ditargetkan sudah bisa digunakan untuk musim MotoGP 2018, tepatnya bulan Oktober."Kami akan tanda tangan MoU (Memorandum of Understanding) setelah desain dari Tilke final dan investor sudah didapat. Mungkin akhir Februari sebelum saya ke Baku," papar  Alex. (bam)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%