Juventus vs AC Milan jadi Lawan yang Sempurna

Jumat, 10 Maret 2017 | 09:38
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Lima hari lagi, Juventus bakal melakoni laga krusial menjamu Porto pada second leg babak 16 besar Liga Champions. Kendati sudah memiliki tabungan dua gol, nasib La Vecchia Signora-julukan Juventus- masih belum aman.

Kebetulan, jelang laga hidup dan mati itu, Juve bakal bersua dengan AC Milan yang notabene merupakan salah satu lawan terberat mereka di Serie A. Tentu saja pertandingan tersebut bakal dimanfaatkan dengan maksimal untuk pemanasan jelang berhadapan dengan Porto.

Apalagi, kekalahan Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona pada second leg babak 16 besar Liga Champion kemarin (9/3) membuat pelatih Juve Massimiliano Allegri ketar-ketir. Sebagaimana diketahui, pada first leg, PSG unggul 4-0. Namun, Barca malah berhasil membalas kekalahan 6-1 yang membuat mereka melaju ke babak selanjutnya lantaran menang agregat 6-5. ”Saya berharap itu tidak terjadi pada tim saya,” kata Allegri kepada Mediaset Premium. ”Tetapi, kami harus siap untuk menghadapi segalanya,” imbuh eks pelatih AC Milan, Cagliari, dan Sassuolo itu.

Bagi Allegri, Milan merupakan lawan yang tepat bagi mereka untuk semakin meningkatkan kepercayaan diri Gianluigi Buffon dkk di Liga Champions. Apalagi, musim ini, Rosonerri-julukan AC Milan- sudah dua kali mengalahkan mereka. Yang pertama adalah pada giornata ke-9 Serie A (22/10). Juve harus menyerah 0-1 di kandang Milan.

Mereka kembali harus mengakui keunggulan Milan melalui adu penalti 1-1 (3-4) pada final Supercoppa Italiana di Doha, Qatar (23/12). Namun, peraih lima scudetto beruntun itu berhasil membalas dengan skor 2-1 pada perempat final Coppa Italia (25/1).

Kekalahan Milan tersebut lantas dinilai Allegri sebagai hal yang patut diwaspadai. Pasukan Vincenzo Montella itu bisa saja memberikan pembalasan bagi timnya. Bahkan, dia menyebut bahwa laga nanti tidak ubahnya merupakan rematch Supercoppa Italiana. Ditambah, Juve baru saja ditahan imbang untuk kali pertama di musim ini dengan skor 1-1 oleh Udinese (5/3).  ”Saya yakin, laga ini akan berlangsung seimbang meski poin kami jauh berbeda. Mereka adalah tim yang 'licik' yang tidak akan berhenti bermain, sangat cepat, dan taktis,” papar Allegri.

Sayangnya, pada laga tersebut, Juve harus kehilangan Juan Cuadrado yang menjalani suspensi akumulasi kartu kuning. Begitu pula dengan Giorgio Chiellini dan gelandang Stefano Sturaro yang terpaksa menepi karena masih belum pulih dari cedera.

Justru, kondisi Milan lebih buruk lantaran masih tanpa kehadiran para pemain andalan yang berkutat dengan cedera. Seperti Ignazio Abate, Riccardo Montolivo, Manuel Locatelli, dan Giacomo Bonaventura. Namun, kehadiran Alessio Romagnoli yang baru pulih bisa membantu lini pertahanan yang dijaga oleh Mattia De Sciglio, Gabriel Paletta, dan Leonel Vangioni.

Mengingat Juve yang sangat perkasa di kandang dengan 29 kemenangan beruntun di semua kompetisi, kans Milan untuk memenangkan laga tersebut bakal semakin berat. Namun, allenatore Milan Vincenzo Montella masih meyakini bahwa timnya mampu memberikan perlawanan ketat meski mereka harus kehilangan sejumlah pemain pilar.  ”Ini akan menjadi pertandingan yang sangat berat, kami membutuhkan mental dan pendekatan yang sempurna,” ujar Montella sebagaimana dilansir dari situs resmi klub.

Performa Milan sempat anjlok beberapa waktu lalu usai mengalami empat kekalahan beruntun di semua ajang kompetisi. Seperti saat bertemu Napoli 1-2 (22/1), Juve 1-2 (26/1), Udinese 1-2 (29/1), dan Sampdoria 0-1 (5/2). Mereka lantas bangkit dan tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir (4 menang, 1 seri).

”Di liga, mereka (Juve) nyaris tidak terkalahkan, so, kami harus fokus dan memberikan segalanya,” tambah pelatih 42 tahun itu. ”Tetapi, kami senang dengan pencapaian kami. Saya sudah melihat konsistensi dan harmoni dalam tim,” ucap Montella. (okt)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%