Penggunaan Celana Pendek Akan Dilarang di MotoGP?

Sabtu, 11 Maret 2017 | 15:10
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BAKAL DILARANG: Anggota tim mengenakan celana pendek di grid start sebelum balapan dimulai.

INDOPOS.CO.ID - Celana pendek, kemeja tim, dipadu sepatu kets. Tampilan seperti itu jamak terlihat di paddock sirkuit ketika balapan MotoGP berlangsung. Namun, bisa jadi pemandangan itu tidak ada lagi beberapa waktu ke depan.

FIM sedang membahas regulasi pelarangan pemakaian celana pendek bagi kru, mekanik, atau seluruh anggota tim balap yang memiliki akses ke grid. Demi alasan keamanan semuanya akan diharuskan mengenakan celana panjang dan bahkan helm, seperti yang selama ini berlaku di Formula 1.

Seperti sudah dibahas pada rapat Komisi Grand Prix pemakaian celana panjang tersebut juga untuk alasan memberikan kesan elegan pada gelaran MotoGP. Apalagi semua rangkaian balapan disiarkan langsung melalui jaringan televisi di seluruh dunia.

Beberapa tim, seperti Yamaha sudah mengimplementasikan aturan ini sejak setahun lalu. Biasanya seragam mereka adalah kemeja tim bernuansa biru plus celana panjang hitam.

Tapi, beberapa mekanik dan tim lain sudah memprotes wacana tersebut. Menurut mereka, di sejumlah seris seperti Malaysia, temperatur udara bisa tembus 35 derajat celsius di grid. Belum lagi tingkat kelembapan yang tinggi.

Muncul juga wacana aturan yang mengharuskan setiap anggota tim yang bersentuhan dengan motor sepanjang balapan harus menggunakan helm. Kewajiban ini untuk menghindari risiko kecelakaan khususnya pada lomba yang berlangsung flag-to-flag atau dalam kondisi kering-basah. (cak/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%