Ferrari Belum Pol-Polan

Raikkonen: Australia Tantangan Berbeda

Kamis, 16 Maret 2017 | 20:27
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Seluruh mobil Ferrari tampil arak-arakan dalam proses perkenalan mobil yang dipakai pada F1 2017. Ferrari siap memberi kejutan pada Mercedes, tahun ini.

INDOPOS.CO.ID - Setelah melewati delapan hari uji coba pra musim Formula One (F1), Ferrari semakin jelas menjadi tim yang bakal mampu menandingi dominasi Mercedes musim ini. Meski begitu beberapa pihak berani memastikan skuat Italia tersebut masih menutupi potensi kekuatan sebenarnya untuk memberikan kejutan di seri perdana Australia, 26 Maret nanti.

Pernyataan paling vulgar diungkap Direktur Motorsport Red Bull Racing Helmut Marko. Dia mengungkapkan Sebastian Vettel secara sengaja melepas pedal gas SF70H tunggangannya di beberapa lap terakhir uji coba Barcelona. “Aku mengenal Vettel luar dalam. Dia secara provokatif melambatkan mobilnya di trek lurus awal dan terakhir. Semua orang tahu itu,” katanya dikutip Motorsport.

Ketika seorang pembalap sudah berani melakukan tindakan seperti itu dalam uji coba, bisa disimpulkan jika kepercayaan dirinya sangat tinggi. Selain itu, pembalap itu mempunyai pengetahuan mendalam tentang potensi mobilnya. “Ferrari sangat kuat dan teruji (ketahanan mesinnya). Itulah bedanya dengan (mobil mereka) tahun lalu,” lanjutnya.

Meski diprediksi persaingan antara Ferrari, Red Bull, dan Mercedes ketat, Marko mengatakan performa sebenarnya dari mobil-mobil itu belum terlihat secara jelas. Itu karena volume bahan bakar yang tidak diketahui dan pemetaan seting mesin sepanjang uji coba. Jika mobil ditambah 10 kilogram  bahan bakar, kecepatannya bertambah 0,35 detik. Lebih jauh dengan pemetaan mesin (engine mapping) berbeda bisa bertambah satu detik, atau tidak sama sekali. ''Jadi belum ada tim yang mengeluarkan kartunya,'' ulasnya.

Marko yakin baik Ferrari, Mercedes, maupun Red Bull tak sepenuhnya mengetahui kekuatan lawan masing-masing. Tim-tim masih menyimpan senjata mereka. ''Tapi jika balapan (di Melbourne) akan terjadi dalam kondisi temperatur udara yang sama (seperti saat uji coba di Barcelona), maka Ferrari akan bertarung di depan, pasti,'' tandasnya.

Bintang Ferrari Kimi Raikkonen membantah jika regulasi baru 2017 cocok dengan Ferrari dan gaya balapnya. Meski dia tidak menyangkal jika timnya berhasil mencapai kemajuan signifikan jika dibandingkan musim lalu.

Pembalap Finlandia tersebut mengakhiri rangkaian uji coba delapan hari sebagai yang tercepat. Dialah satu-satunya joki yang mampu menembus batas waktu lap 1 menit 18 detik (1 menit 18,634 detik). Statistik tersebut menumbuhkan harapan bahwa Ferrari datang ke Melbourne sebagai tim yang kompetitif.

Tapi Raikkonen menolak label “favorit” itu. Dia menyebut Sirkuit Albert Park memiliki tantangan berbeda bagi Scuderia. ''Kami menjajal banyak hal dan belum 100 persen ideal seperti yang kami inginkan. Tapi itulah mengapa uji coba dilakukan,'' tukasnya. Dia menjelaskan bahwa kuatnya cengkeraman pada ban merupakan dampak dari regulasi baru yang dirasakan semua tim.

Datang sebagai satu-satunya tim yang diperkuat dua pembalap berstatus juara dunia Ferrari menyongsong musim 2017 dengan target merebut juara dunia. Gelar tersebut terakhir diraih Raikkonen 10 tahun lalu. Meski mobil tahun ini digambarkan sebagai yang paling dekat karakternya dengan spesifikasi mobil 10 tahun lalu, Raikkonen merasa bukan hal itu tidak akan berpengaruh besar dalam persaingan antar tim papan atas.

''Aku merasa mobil terbaru tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Tentu kini cengkeraman ban lebih kuat, tapi bukan berarti itu akan cocok dengan gaya balapku, lebih dari pembalap lain,'' paparnya. Dengan mobil Ferrari yang lebih kompetitif Raikkonen akan mengejar kemenangan pertamanya tahun ini setelah puasa empat musim. Kemenangan terakhirnya terjadi pada GP Australia 2013. Sejauh ini Raikkonen sudah mengantongi 20 kemenangan seri sepanjang karirnya.(cak)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%