Buffon Ingin Main Lebih Lama

Jumat, 24 Maret 2017 | 13:59
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Gianluigi Buffon

INDOPOS.CO.ID - “Saya ingin jujur kepada Anda kalau saya sedikit bersedih soal rekor ini. Saya pikir saya masih bisa bermain lebih lama,” kata Gianluigi Buffon seperti diberitakan ESPN kemarin (23/3) usai mencapai 100 laga di Liga Champions. Bahkan ketika mengalahkan Porto 1-0 di 16 besar Liga Champions (15/3) lalu, jumlah laga kiper 39 tahun itu di Liga Champions menjadi 101.

Buffon memang legenda dan itu tak terbantahkan. Setelah melewati rekor kiper Sebastiano Rossi untuk catatan clean sheet di Serie A (973 menit) pada 2016 lalu, Buffon akan jadi kiper keempat sepanjang sejarah dengan angka tampil sampai 1.000 kali di semua ajang. Sama seperti Peter Shilton, Rogerio Ceni, dan Ray Clemence.

Kemudian Buffon yang tampil 614 kali di Serie A berambisi menyalip dua nama lain yang punya koleksi angka penampilan di Serie A terbanyak. Yakni Paolo Maldini (647 kali) dan Alessandro Del Piero (705 kali).   “Saya belum merasa tua di usia saya saat ini. Kapan saya pensiun? Mungkin saya akan gantung sarung tangan pada usia 65 tahun,” ucap Buffon dengan nada bercanda.

Peraih gelar Piala Dunia 2006 bersama Italia itu tahu kalau kontraknya bersama Juventus akan berakhir musim panas 2018 mendatang. Mungkin dengan guyonan seperti itu maka alarm bagi Juventus untuk segera memperpanjang  kontrak Buffon.

Mantan pelatih Parma Nevio Scala kepada Football Italia mengatakan ketika memainkan Buffon pada laga perdananya sudah yakin jika kiper muda itu punya sesuatu yang spesial. Bahkan ketika Scala menanyai apakah Buffon muda siap tampil dilaga lawan AC Milan, Buffon mengiyakan dengan cepat.

Terbukti pada debutnya musim 1995-1996, Parma menahan imbang AC Milan 0-0 yang dihuni George Weah, Zvonimir Boban, dan Roberto Baggio. Scala masih ingat tanggal ketika memberi Buffon penampilan perdana di liga, 19 November 1995.

“Satu-satunya yang saya ingat dengan jelas ketika Buffon tampil perdana adalah suara penonton di (Ennio) Tardini yang mendengung setiap tim tertekan. Semua bersuara 'oooh'”, tutur Scala kepada La Gazzetta dello Sport.

Sebagai orang yang 'menemukan' Buffon, Scala beranggapan kalau kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma adalah suksesornya. Donnarumma yang memulai debut pada usia 16 tahun di mata Scala sama ketika Buffon bersama Parma.   “Donnarumma sangat menyerupai Buffon, bukan sekedar usia ketika memulia karir tapi penampilan di lapangan. Donnarumma adalah pewaris Buffon,” kata pria berusia 69 tahun tersebut. (dra)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%