Bukan Seeded 8 Sembarangan, Bulls Unggul 2-0 atas Celtics

Kamis, 20 April 2017 | 11:35
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
KlitschkoMENGECOH: Forward dari Tim Chicago Bulls Isaiah Thomas (kanan menggiring bola) berhasil mengecoh salah satu pemain Celtics hingga terjatuh.

INDOPOS.CO.ID - Sejak NBA beralih menggunakan format playoff dengan 16 tim peserta di 1984, sampai saat ini baru lima tim unggulan 1 atau seeded 1 yang langsung tersingkir di ronde pertama. Musim ini, daftar itu bisa bertambah. Atas namanya adalah Boston Celtics.

Yaps, tim yang lolos playoff sebagai pemuncak klasemen wilayah timur musim ini tersebut sedang terjepit. Pasalnya, kemarin di game kedua Isaiah Thomas dkk kembali takluk di tangan tim seeded 8 Chicago Bulls. Tampil di kandang sendiri TD Garden, Celtics menyerah 97-111.

Hasil ini membuat Celtics kini tertinggal 0-2. Di game pertama (17/4) mereka juga takluk 102-106.  Bulls pun kini punya kesempatan mengunci kemenangan secepatnya. Pasalnya, game ketiga (22/4) dan keempat (24/4) bakal berlangsung di kandang mereka sendiri yakni United Center.

“Setiap dari kami bekerja ekstra keras. Jadi aku sama sekali tidak terkejut dengan hasil yang kami dapat ini,” ucap Jimmy Butler, small forward Bulls dilansir ESPN.

Jika benar-benar mampu menghempaskan Celtics di playoff ini, Bulls bakal membuat titik balik nasib pahit yang mereka raih di playoff 2012. Saat itu sebagai seeded 1 mereka yang langsung tersingkir di ronde pertama. Biang keroknya saat itu adalah Philadelphia 76ers. Skornya 2-4.

Kala itu, Bulls gagal perform lantaran bintang utamanya Derrick Rose (Kini New York Knicks) menepi akibat cedera ACL. Capaian tersebut sekaligus membuat Sixers menjadi tim seeded 8 terakhir yang mampu memenangi ronde pertama sampai saat sekarang.    “Untuk lolos ke playoff ini, pemain kami melewati pertandingan-pertandingan pressure tinggi beberapa minggu terakhir. Aku kira itu yang malah membantu kami saat berada di playoff ini,” ucap head coach Bulls, Fred Hoiberg kepada Associated Press.

Permainan Bulls di dua game awal playoff memang bertolak belakang dengan yang mereka peragakan sepanjang seri reguler. Saat itu performa mereka naik turun. Kadang bagus, tak jarang juga melempem. Hasilnya, Butler dkk hanya membukukan rekor menang-kalah 41-41 yang menaruh mereka finish di posisi delapan wilayah timur seri regular.

“Di 82 game itu kami belajar mengenal diri sendiri,” ucap shooting guard Bulls Dwyane Wade. “Satu yang aku ambil dari tim ini di tengah situasi sulit. Kami tetap bersama. Itu yang membuat tim ini makin menyatu dan kuat,” tambah pengumpul tiga cincin juara bersama Miami Heat itu.

Kehadiran duo pemain senior macam Wade dan Rajon Rondo musim ini berdampak signifikan di babak playoff ini untuk Bulls. Kematangan keduanya menjadi back up utama eksplosivitas Butler.

Ketiganya kemarin mengemas total 55 poin. Butler dan Wade masing-masing menyumbang 22 poin. Sementara Rondo memerankan posisinya sebagai poin guard dengan begitu apik. Point guard 31 tahun itu memborong 14 assist. Plus 11 poin dan 9 rebound. Nyaris saja mencetak triple double melawan tim yang dia bawa juara pada 2008 tersebut.

Celtics sendiri gagal menerobos pertahanan solid Bulls yang dikomandoi Robin Lopez di paint area. Dalam urusan rebound, Bulls unggul 43-38. Bulls juga mendulang poin lebih banyak dari paint area dengan mencapai 32-20. “Rasanya di second half pergerakan bola kami berhenti,” ucap guad Celtics Avery Bradley. “Sebagai sebuah tim seharusnya kami tahu kapan waktu menembak dan tidak,” tambahnya.

Capaian Bulls ini juga membuat mereka meraih catatan penting di sejarah NBA. Bulls menjadi satu dari hanya dua tim seeded 8 yang menyapu kemenangan di dua game pertama playoff.  Satu-satunya tim lain yang mampu melakukan hal serupa hanya Los Angeles Lakers. Itu terjadi pada 1992-1993 atas Phoenix Suns.

Dari pertandingan lain, Los Angeles Clippers bangkit. Kemarin mereka menaklukkan Utah Jazz 99-91. Hasil ini membuat Clippers menyamakan kedudukan 1-1. Pasalnya, di game pertama mereka takluk 95-97 di tangan Jazz.  Kebangkitan serupa juga dilakukan Toronto Raptors atas Milwaukee Bucks. Kemenangan mereka 106-100 kemarin membuat Raptors kini menyamakan kedudukan 1-1. (irr/jpg)

Hasil Rabu 19/4

Bucks vs Raptors              100-106

(Kedudukan sementara 1-1)

Bulls vs Celtics   111-97

(Bulls unggul 2-0)

Jazz vs Clippers 91-99

(Kedudukan sementara 1-1)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%