Jerez Akhirnya Milik Pedrosa

Rossi Tercecer Urutan Sepuluh

Senin, 08 Mei 2017 | 16:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
JUARA: Dani Pedrosa disanjung para anggota Tim Repsol Honda setelah dirinya menasbihkan sebagai juara MotoGP seri keempat di Sirkuit Jerez Spanyol.

INDOPOS.CO.ID – Mengawali seri MotoGP Grand Prix (GP) 2017 dengan catatan yang terbilang cukup baik, rider asuhan Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, baru-baru ini menjawab pertanyaan para penggemar yang dengan perbedaan penampilannya kala menggeber motor RCV Honda. Ia pun mengaku tampil lebih percaya diri di 2017. Pedrosa berhasil jaya dalam MotoGP Spanyol untuk ke 53 kalinya, saat tampil di Sirkuit Jerez Spanyol, Minggu (7/5).

“Tahun ini, secara keseluruhan saya merasa kepercayaan diri saya berubah saat balapan, terutama karena pengaruh ban dan mesin motor. Saya pikir kini saya lebih stabil bersama motor Honda. Pada 2016, tim memiliki jenis ban yang berbeda, dan itu terlalu rumit!,” ungkap Pedrosa mengutip GP One, Minggu (7/5).

Istimewa karena ini merupakan seri ke-3000 MotoGP di semua kelas. Rider asal Spanyol itu pun mengatakan dirinya puas dengan performa motor RC213V andalan Repsol Honda. Mengaspal bersama kuda besi asal pabrikan Jepang itu, Pedrosa kembali menegaskan dirinya tampil lebih oke ketimbang penampilannya musim lalu.

Pada gelaran GP musim 2016, Pedrosa memang belum bisa merasakan berada di posisi lima besar klasemen akhir. Dalam 15 balapan seri musim lalu, pembalap Negeri Matador itu hanya satu kali meraih kemenangan. Pedrosa pun hanya tiga kali mencicipi podium.

Kembali ke fokus utama, ia pun menegaskan optimis dengan hasil GP 2017 yang baru memasuki empat seri ini. “Sekarang, saya merasa jauh lebih kuat ketika melaju di tikungan. Saya juga merasa lebih percaya diri ketika memulai balapan,” ucap pembalap berusia 31 tahun itu percaya diri.

Sejak awal, Pedrosa memang tampil cukup apik Memulai di grid terdepan, pembalap asal Spanyol itu memang melakukannya dengan baik. Dia langsung memimpin balapan, diikuti Marc Marquez, dan Andrea Iannone. Namun pada tikungan pertama lap 1, ada perubahan tempat di posisi dua dan tiga. Hal ini setelah Iannone harus puas mandi lebih awal karena terjatuh. Dovizioso langsung naik ke posisi kelima.

Namun, Jorge Lorenzo terus membayanginya sampai lap ke-12. Dia akhirnya naik ke posisi tiga setelah melewati Zarcio di tikungan keenam. Pedrosa masih memimpin balapan. Sejak awal, Rossi sendiri memang tampil melempem. Bahkan, pada lap ke-23 tikungan pertama, dia turun posisi ke urutan kedelapan setelah dilewai Aleix Espargaro.

Pada tiga posisi terdepan, Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo-pun bertahan hingga lap terakhir. Pedrosa akhirnya kunci kemenagan pertama sejak GP San Marino 2016 lalu.

Rossi sendiri tercecer di posisi ke-10. Masalah ban diduga menjadi faktor yang menyebabkan penampilan buruknya. Sementara Maverick Vinales juga melempem. Dia hanya mampu finis di urutan keenam.

Marquez yang memulai start dari posisi kedua, harus berjuang keras mengunci posisi terbaiknya. Bahkan di lap ketiga, Zarco mampu mengkudeta posisi kedua milik The Baby Alien –julukan Marquez. Beruntung, Marquez cepat merespons ketika pembalap asal Prancis tersebut mengejarnya. Saat memasuki tikungan terakhir, rider berusia 24 tahun tersebut kembali mengasapi Zarco.

Tak ayal, Marquez mengaku menjalani akhir pekan yang tak mengecewakan. Ia merasa puas, meski hanya bisa finis di posisi kedua.  “Ini balapan yang sulit, tapi saya mampu mengatasinya dengan baik dan ini merupakan balapan yang menarik di akhir pekan ini. Saya senang dengan hasilnya,” ungkap Marquez usai balapan.

Pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo, akhirnya mampu meraih podium ketiga bersama tim barunya musim ini. Seperti diketahui, Lorenzo memulai balapan dari urutan kedelapan. Namun, perlahan ia mampu mengkudeta posisi dari pesaingnya yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang berada di depannya.

Usai balapan, pembalap yang baru berulang tahun ke-30 itu mengaku senang dengan raihannya. Hal tersebut berkat usahanya dalam menggeber Desmosedici GP 17 di trek sepanjang 4.4 kilometer tersebut.  “Saya senang dengan hasil balapan ini, perlahan tapi pasti. Dari awal saya tampil menekan dan menekan terus. Tentu ini sangat mengembirakan,” ujar Lorenzo. (ies/oks/JPG)

Berikut hasil lengkap MotoGP Spanyol 2017:

1. Dani Pedrosa    ESP    Repsol Honda Team (RC213V)    45m    26.827s    

2. Marc Marquez    ESP    Repsol Honda Team (RC213V)    45m    32.963s    

3. Jorge Lorenzo    ESP    Ducati Team (Desmosedici GP17)    45m    41.594s    

4. Johann Zarco    FRA    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)*    45m    44.428s    

5. Andrea Dovizioso    ITA    Ducati Team (Desmosedici GP17)    45m    49.740s    

6. Maverick Viñales    ESP    Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1)    45m    51.383s    

7. Danilo Petrucci    ITA    Octo Pramac Racing (Desmosedici GP17)    45m    51.786s    

8. Jonas Folger    GER    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)*    45m    54.548s    

9. Aleix Espargaro    ESP    Factory Aprilia Gresini (RS-GP)    45m    58.060s    

10. Valentino Rossi    ITA    Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1)    46m    5.509s

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%