Pembalap Muda India Didaulat Menjadi Development Driver Tim Formula 1

Kamis, 11 Mei 2017 | 19:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Arjun Maini didaulat menjadi development driver tim Formula 1, Haas. (formula1.com)

INDOPOS.CO.ID - Pembalap muda India, Arjun Maini, bergabung dengan tim Formula 1, Haas, sebagai development driver (pembalap pengembang) bersama pemuda 18 tahun asal Amerika Serikat, Santino Ferrucci.

Lahir dan dibesarkan di Bangalore, remaja berusia 19 tahun itu memenangi kompetisi pencari bakat balap garapan tim Force India, "One of a Miliar", pada 2011. Ajang itu membawanya tampil dalam kejuaraan karting di Eropa selama semusim penuh. Dia saat ini berlaga di GP3 support series.

"Semua balapan saya sampai saat ini adalah fokus untuk menjadi pembalap Formula 1, dan kesempatan ini membuat saya selangkah lebih dekat ke tujuan saya," kata Maini kepada Reuters di Grand Prix Spanyol pada Kamis (11/5).

"Saya sangat ingin belajar, memahami dan merasakan bagaimana tim Formula 1 beroperasi. Segala sesuatu yang saya pelajari bisa langsung digunakan di GP3 sambil mempersiapkan cita-cita saya untuk Formula 1," imbuhnya.

Narain Karthikeyan dan Karun Chandhok adalah orang India yang pernah berlomba di Formula 1. Nama kedua bahkan pernah meraih poin saat finis di urutan keempat untuk Jordan dalam perlombaan Grand Prix Amerika Serikat pada 2005.

"Karun sangat membantu karena dia telah membimbing sepanjang karier saya," kata Maini, yang saudaranya, Kush, berlomba di Formula 4.

Maini juga menghadapi tantangan berat untuk bisa mengisi salah satu kursi di balapan F1. Apalagi, di F1 hanya ada 20 pembalap di grid dan beberapa bahkan bergantung pada sponsor untuk berada di sana.

Maini juga mengatakan bahwa kesepakatan dengan Haas tidak mengharuskan dia memberikan kontribusi finansial. Namun, ada harapan dia akan secara intens masuk radar tim yang mendapat sokongan dari negaranya.

"Penting bagi saya untuk mendapatkan peran ini karena ini membuat saya lebih dikenal oleh para penggemar Formula 1 di India, yang sebelumnya tidak tahu siapa saya. Dan ini akan membantu saya secara finansial dengan sponsor," urainya.

Haas, yang disuplai mesin Ferrari, memulai debut di F1 pada musim lalu dengan menempati peringkat ke-8 di klasemen akhir. Mereka menyebut, development driver akan menghadiri balapan dan sesi tes, dan juga ambil bagian dalam program simulasi.

"Seiring tim Haas yang semakin dewasa, kami harus menatap ke depan dan mengembangkan bakat yang ada. Arjun sukses di karting dan baik dalam beberapa seri Formula dan sekarang di GP3. Kami akan memantau perkembangannya tahun ini," ucap Team Principal Haas, Guenther Steiner. (ira/JPG)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%