Usai Ikuti Balapaan F1 Spanyol, Alonso Hanya Rehat 14 Jam untuk Ikuti Indy500

Selasa, 16 Mei 2017 | 18:55
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BERBICARA: Driver F1 dari Spanyol Fernando Alonso (tengah) berbicara dengan para kru Indycar 500 sebelum Alonso mengikuti ajang Grand Prix Indycar500.

INDOPOS.CO.ID - Ini akan menjadi pekan yang sibuk untuk pembalap McLaren-Honda Fernando Alonso. Setelah menyelesaikan balapan seri kelima Formula 1 Grand Prix (F1 GP) Spanyol, Minggu (14/5), Alonso harus langsung terbang ke Indianapolis untuk mengikuti latihan resmi pertama Indy500. Juara dunia dua kali F1 tersebut hanya punya waktu 14 jam untuk rehat.

Alonso melakoni akhir pekannya dengan hasil cukup melegakan di Barcelona. Untuk kali pertama sepanjang musim ini, pembalap 36 tahun tersebut mampu lolos ke babak kualifikasi tiga (Q3) dan meraih posisi ketujuh di grid. Hasil tersebut menjadi sinyal positif di tengah melempemnya performa mesin Honda sepanjang musim ini. Namun di akhir balapan Alonso hanya mampu finis di posisi ke-12 dan dengan begitu masih belum mampu meraih satupun poin sampai sejauh ini.

Selesai balapan Alonso langsung berkemas untuk terbang ke Amerika Serikat. Karena keesokan harinya (kemarin) dia harus langsung naik mobil balap lainnya, Indy500 dalam rangka latihan resmi di Indianapolis Motor Speedway (IMS). Sesi ini sangat penting untuk mempersiapkan diri turun di sesi kualifikasi yang akan dilangsungkan pekan depan.

“Dalam 14 jam aku akan mengendarai mobil lagi jadi aku harus mengubah ritme keseharianku untuk dua pekan ke depan dengan konsentrasi penuh (pada Indy),'' ucap Alonso dilansir Crash. Pada pukul 09:00 pagi (21:00 wib) Alonso sudah harus berada di sirkuit (IMS) dan tiga jam berikutnya sudah mengendarai mobil di trek.

Mantan pembalap Ferrari tersebut telah lulus tes sebagai rookie di ajang Indy500 dua pekan lalu. Pada fase tersebut dia harus melewati tiga tahap ujian dengan melintasi IMS dengan kecepatan tertentu dan rata-rata kecepatan yang sudah ditentukan. Hasilnya, pembalap Spanyol itu bisa melewati dengan mudah.

Mengenai peluangnya untuk menang pada penampilan debutnya di Indy 500 Alonso menyebut kecanggihan teknologi F1 akan membantunya menutupi kelemahannya karena kurang pengalaman. ''Aku rasa persentasiku untuk menang lebih kecil dari para lawanku. Aku tidak punya pengalaman balapan di sirkuit oval, juga pengalaman bertarung di tengah traffic, atau teknik berduel di lap-lap terakhir. Tapi di saat yang sama level kecanggihan di F1 lebih tinggi dari IndyCar. Jadi bersama McLaren kami akan datang dengan beberapa orang mekanik hebat yang akan membantu tim Andrettu,'' terangnya.

Alonso memutuskan untuk melewatkan balapan seri keenam Formula 1 GP Monaco 28 Mei mendatang untuk membalap di ajang Indy 500 bersama tim McLaren-Honda-Andretti. Karena dua event tersebut berlangsung secara bersamaan, makan harus ada satu yang dikorbankan. Keputusan tersebut menuai pro-kontra di kalangan F1. Sebagian menyayangkan keputusan Alonso karena tidak seharusnya seorang pembalap F1 meninggalkan gelanggang balapan sesulit apapun kondisinya. Sebagian lagi mendukungnya.

Sebagai penggantinya, mantan juara dunia Formula 1 Jenson Button akan turun di Monaco. Kembalinya pembalap Inggris itu memunculkan spekulasi bahwa dia akan kembali ke F1 sebagai pembalap full time. ''Aku tidak bisa membantahnya (spekulasi kembali balapan tahun depan). Aku punya kontrak dengan tim (McLaren) untuk membalap lagi tahun depan, jadi aku tidak bisa mengatakan tidak saat ini,'' ucapnya.  (cak)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%