Premier League Bisa Muncul Pekan Ke-39

Kamis, 18 Mei 2017 | 13:35
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - SEJAK berubah format jadi 20 klub kontestan sejak musim 1995-1996, Premier League digelar dalam 38 pekan. Nah 21 tahun berselang, bukan tidak mungkin Premier League berlangsung 39 pekan. Kenapa? Bukan lantaran ada perubahan format lagi. Karena musim ini jumlah kontestan Premier League tidak berubah, masih 20 klub.

Ya, pekan ke-39 Premier League bisa saja terjadi andaikan dua tiket Liga Champions tak kunjung dipastikan hingga pekan terakhir, Minggu nanti WIB (21/5). Pekan ke-39 itu cuma ada di depan Manchester City, Liverpool, dan Arsenal sebagai tiga klub yang masih berharap asa ke Liga Champions musim depan.

City masih terdepan di posisi ketiga dengan 75 poin, lalu Liverpool 73 poin, dan Arsenal  dengan 72 poinnya. ''Jika di akhir musim belum bisa menentukan klub mana yang mampu lolos  ke kompetisi lain karena ada dua atau lebih klub dengan poin, agresivitas gol dan total gol yang sama, maka klub bersangkutan harus menjalani satu atau lebih laga liga di tempat netral. Kalau soal format, waktu dan tempat akan ditentukan operator,'' begitu aturan di Premier League.

Nah, meski tidak ada yang punya poin sama, utak-atik skenario pada laga terakhir bukan tidak mungkin pekan ke-39 itu jadi kenyataan. Itu seperti dilansir BBC. Dari beberapa skenario, Arsenal yang akan lebih besar peluangnya terlibat dalam playoff memperebutkan jatah terakhir ke Liga Champions.

Arsenal dan Liverpool bisa menjalani playoff posisi keempat. Itu terjadi andai pada laga terakhir Liverpool dikalahkan Middlesbrough 0-2 dan Arsenal seri 1-1 melawan Everton. Hasil itu membuat poin keduanya sama-sama 73. Goal difference-nya pun juga sama plus 31, jumlah golnya pun juga sama-sama 75.

Playoff posisi keempat pun bisa mempertemukan antara Arsenal melawan City. Skenario ini terjadi andai Arsenal menang 1-0, lalu City dihajar Watford 0-4, dan Liverpool mengalahkan Middlesbrough. Dari skenario ini Arsenal dan City sama-sama meraih 75 poin, menciptakan 75  poin, dan punya goal difference sama-sama surplus 32.

Cuma ada satu skenario yang tak melibatkan Arsenal. Itu pun skenario Arsenal tersingkir dari top four. City dan Liverpool bisa saja menjalani playoff perebutan tempat ketiga. Ini terjadi jika City ditahan Watford 3-3 atau 4-4, dan Liverpool mempermak Middlesbrough 3-0 atau 4-1. Dengan situasi seperti ini, kedua tim bisa punya poin, gol dan selisih gol identik.

City dan Liverpool bisa sama-sama mengoleksi 76 poin, menciptakan 78 gol, dan punya surplus 36 gol. Tetapi, dikutip Daily Star, gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum tidak mau  timnya bernasib seperti Arsenal dan terseret dalam laga ke-39 alias playoff tersebut. ''Jika dapat memenanginya, kami akan lolos ke Liga Champions. Ini hadiah yang indah. Jika kami seri atau kalah, maka kami punya peluang tersisih,'' kata Gini, sapaan akrabnya. (ren)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%