Dijamu Barito, Persegres Tidak Ingin Sesumbar

Jumat, 19 Mei 2017 | 10:15
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Penggawa Persegres menjalani sesi latihan ringan di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (18/5).

INDOPOS.CO.ID -  Persegres Gresik United harusnya lebih percaya diri dibandingkan lawannya sore nanti, Barito Putera. Mereka baru saja meraih kemenangan perdana lawan Persiba Balikpapan. Sedangkan tuan rumah Barito Putera sedang dalam kondisi drop usai tiga kekalahan beruntun.

Tapi, sekali lagi Hanafi ingin realistis jika melawan tim yang levelnya berada di atas Persegres. Dia tidak mau sesumbar untuk meraih kemenangan. Konkritnya, hasil seri saja sudah bisa membuat Hanafi senang.

Memandang laga secara realistis memang kerap kali diucapkan Hanafi. Selain sadar komposisi timnya tidak maksimal di Liga 1 musim ini, badai cedera juga kembali jadi kendala. Tercatat, 5 pemain absen dalam lawatannya ke Stadion 17 Mei sore nanti.

Di antara 5 pemain, 3 di antaranya merupakan pemain kunci. Yakni I Gusti Rustiawan, M. Said, dan Rendy Saputra. Ketiganya dipastikan tidak bisa tampil saat melawan Barito.

Untuk posisi Gusti, mungkin Jeki Arisandi akan kembali digeser ke bek kanan. Sedangkan posisi bek kiri bakal diisi bek muda Syahrul Mustofa. Said sendiri bakal digantikan Dave Mustaine yang bakal bahu membahu bersama Choi Hyun-yeon di lini tengah.

Nah, pemilihan Dave memang cukup berani. Pemain selama ini belum teruji betul bermain di Liga 1 bersama Persegres. Mantan gelandang PSS Sleman itu baru punya waktu bermain 92 menit. Masih kalah jauh dengan Jusmadi 101 menit dan icon Persegres Agus Indra dengan 112 menit.

Mantan pelatih Perseru Serui itu punya penilaian sendiri tentang pilihannya itu. Menurutnya, karakter Dave yang cenderung menyerang dan kuat duel atas jadi alasan. Menurutnya, Dave bakal bisa jadi motor serangan bersama Fitra Ridwan di lini tengah. ''Nanti Choi (Hyun-yeon) lebih fokus ke bertahan,'' ucapnya.

Hanafi menegaskan, hadirnya Dave bakal bisa memudahkan dua bek sayapnya untuk lebih fokus menjaga lini bertahan. Menurutnya, sejauh observasi dalam beberapa pertandingan Barito terakhir. Kecepatan kedua sayap Laskar Antasari -julukan Barito- sering merepotkan lawan-lawannya. ''Kami sudah perkirakan itu, dilihat saja besok (hari ini, RED),'' jelas Hanafi.

Nah, Choi yang bakal fokus bertahan mungkin bisa jadi tembok pertama menahan gempuran Barito. Apalagi, sore nanti sang lawan bakal turun dengan formasi 'nyleneh'. Strikernya adalah Gavin Kwan Adits, pemain yang selama ini belum pernah menempati posisi tersebut selama berkostum kuning-kuning.

Apalagi, Gavin juga tidak pernah mencatatkan gol dalam 6 pertandingan terakhir. Justru ini bakal menguntungkan Persegres jika benar-benar bisa memanfaatkan situasi yang ada di kubu lawan.

Jika tidak, bukan berarti Gavin bakal beri kejutan. Pelatih Barito Jacksen tentu punya pertimbangan lain menempatkan sang pemain jadi striker tunggal. Dia diplot menggantikan Thiago Dos Santos Cunha yang masih dibekap cedera. ''Tiap pemain Barito punya kelebihan. Kami bakal waspadai itu,'' tuturnya.

Jacksen mengatakan talenta Gavin sebagai penggedor pertahanan lawan muncul setelah beberapa pertandingan timnya kehilangan Cunha. Menurutnya, mantan pemain CFR Cluj, Rumania itu punya kecepatan dan daya letup yang bakal membuyarkan konsentrasi lini belakang Persegres. Di saat itulah, diharapkan lini kedua bisa ambil peran untuk cetak gol ke gawang Kebo Giras -julukan Persegres-.

''Kami memang kehilangan banyak pemain karena cedera. Tapi, di saat itu, kami juga menemukan pemain yang bisa mengisi kekosongan. Jadi sudah lebih dari cukup untuk meladeni Persegres,'' ungkapnya.

Jacken menegaskan ingin meraih 3 poin saat melawan Persegres. Dia berharap timnya bisa kembali ke trek yang benar untuk merebut posisi puncak teratas di klasemen Liga 1. ''Kita siap menjalankan pertandingan besok. Semoga hasilnya memuaskan,'' katanya.

Sementara itu, Gavin yang kemarin (18/5) hadir dalam konferensi pers jelang laga Barito lawan Persegres menyatakan tidak masalah jika dipasang jadi striker tunggal. Tidak ada beban, malah Gavin ingin unjuk gigi kemampuannya dalam pertandingan besok. ''1 minggu persiapan lawan Persegres. Yang penting, tim menang dan raih 3 poin. Masalah cetak gol atau tidak tergantung di lapangan nanti,'' tegasnya. (rid/jpg)

Perkiraan Pemain :

Barito Putera (4-4-2):

Shahar Ginanjar (pg), Aaron Michael Evans, Nazar Nurzaidan , Valentino Telaubun, Amirul Mukminin , Douglas Ricardo Packer , Fajar Handika, Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Matias Jesus Cordoba, Rizky Rizaldi Pora (c).

Pelatih Jacksen F Tiago.   

Persegres (4-2-3-1):

Aji Saka (pg); I Gusti Rustiawan,  Herwin Tri Saputra, Mohammad Chairul Rifan, Jeki Arisandi; Moh.Said, Choi Hyun-yeon; Ghufroni Al Maruf, Fitra Ridwan, Komarodin; Patrick da Silva

Pelatih Hanafi.

Stadion: 17 Mei, Banjarmasin.

(TVOne pukul 15.00 WIB)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%