Final Liga Europa: Raksasa Tidur Sudah Bangun

Faktor hoki bantu Ajax ke final

Rabu, 24 Mei 2017 | 13:32
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ajax Amsterdam

INDOPOS.CO.ID - Ajax Amsterdam seperti raksasa Eropa tertidur. Pertama kali sejak, 1995/96, Si Anak Tuhan kembali menapaki duel partai puncak di level Benua Biru.

Wakil Negeri Kincir Angin, Belanda ini kembali menapaki partai puncak kompetisi Eropa musim ini di Final Liga Europa kontra Manchester United (Man. United). Friends Arena, Solna, di Swedia akan menjadi saksi kebangkitan Ajax, Kamis, (25/5) dinihari WIB nanti.

Ajax terakhir kali menembus partai final kompetisi Eropa 21 tahun lalu. Kala itu, Ajax menghadapi Juventus di Final Liga Champions, Ajax kalah melalui adu  penalti

Setelah partai puncak di Stadio Olimpico, Roma, Ajax seperti tenggelam di kompetisi-kompetisi Eropa. Padahal, tim berjuluk De Godenzonen ini memiliki pamor kuat di dataran benua biru di medio 70 sampai 80-‘an. Selama rentang waktu itu, Ajax tercatat 9 kali menembus final di Liga Champions. 

Ajax sendiri baru sekali mendapatkan trofil Liga Europa. Prestasi tersebut terjadi pada 1992. Ajax menjadi kampiun setelah menumbangkan wakil Italia, Torino. Total selama 9 kali menembus partai final Eropa, Ajax tujuh kali menjadi juara.

Selain memiliki gelar mentereng di Eropa, Ajax terkenal sebagai  pencetak bintang -bintang besar Belanda seperti Marco Van Basten, Ruud Gullit, Zlatan, Wesley Sneijder, Rafael Van der Vaard, sampai mendiang Johan Cruyff pernah bermain di sini.

Musim ini, kiprah Ajax di Europa League terbilang hoki. Ajax masuk ke Liga Europa setelah gagal di fase playoff Liga Champions. Meski tanpa kekalahan di fase grup, pasang-surut selalu membayangi Ajax di babak knock-out.

Ajax dua kali lolos dari lubang jarum. Pada babak per-delapan final, Ajax mendepak Copenhagen dari Denmark. Tim besutan Peter Bosz ini menang di leg 2 dengan skor dua gol tanpa balas setelah kalah di 1-2 di leg 1.

Maju ke perempat final, Ajax kembali menang dengan aggreat skor 4-3 kontra Schalke. Menang 2-0 di leg pertama, Ajax justru kelah 2-3 di leg 2. Kondisi serupa juga terjadi di semifinal. Pada leg 2, Ajax kalah 1-3 setelah memang 4-1 di kandang. Tim identik dengan warna -putih ini akan melakoni ujian terakhir kontra Man. United.

Apakah Ajax mampu lolos dari lubang jarum untuk ketiga kali?

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%