Ledakan Tunggal Putra India di BCA Indonesia Open Super Series

Sabtu, 17 Juni 2017 | 10:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Prannoy H.S

INDOPOS.CO.ID - PENCAPAIAN tunggal putra asal India di BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) 2017 cukup mengejutkan. Dua wakil mereka, Prannoy H.S dan Srikanth Kidambi melaju kencang ke babak semifinal hari ini. Terlebih buat Prannoy, di BIOSSP 2017 ini dia menjadi giant killer alias pembunuh raksasa.

Di babak delapan kemarin (16/5), Prannoy menundukkan Chen Long (Tiongkok) dalam rubber game yang berakhir 21-18, 16-21, 19-21. Secara fisik memang melelahkan, tadi coba minimalkan kesalahan saja,” terangnya Prannoy dalam konferensi press setelah pertandingan berlangsung.

Bersama pelatih tunggal yang baru, Mulyo Handoyo, Prannoy mengaku mendapatkan sejumlah impact dalam latihan. Apalagi sosok Mulyo merupakan pelatih di balik kesuksesan seorang Taufik Hidayat, living legend tunggal putra Indonesia dalam mendulang sejumlah gelar di masa lalu.

Bahkan, secara permainan, Prannoy sedikit menduplikasi gaya bermain Taufik Hidayat. Terutama saat dia menerapkan backhand smash saat melawan Lee Chong Wei ataupun Chen Long. ”Saat saya kecil posisi Taufik memang menjadi top player, dia juga menjadi inspirasi saya,” terang pebulu tangkis 24 tahun itu.

Sebagaimana diketahui, Mulyo baru bergabung dalam enam bulan terakhir. Sebenarnya, ada dua tawaran dari PP PBSI dan otoritas badminton di India. ”Tetapi, dua minggu sebelum putusan PBSI saya tahu bakal ga dipakai, makanya ambil tawaran India,” sebutnya.

Total, Mulyo mengani 27 pemain tunggal India di pemusatan nasional Hyderabad. ”Pola latihannya gak jauh beda dengan di sini (Indonesia, Red) tetapi memang yang paling penating adalah kemauan atlet sendiri, dan komitmen untuk mau berkembang,” bebernya.

Mengacu peringkat BWF (Federasi bulu tangkis dunia), total ada empat tunggal putra India yang berada di top 25. Di peringkat 13 dan 14 ada Ajay jayaram dan Sai Praneeth yang absen di BIOSSP kali ini. Sedangkan Sirkanth Kidambi di peringkat 22 dunia. Adapun giant killer, Pranoy HS di peringkat 25 dunia. Di semifinal hari ini, Prannoy akan mengahadapi pemain kualifikasi asal Jepang, Kazumasa Sakai. Sedangkan Srikanth bakal bersua unggulan kedua di BIOSSP 2017, Son Wan-ho (Korea Selatan) (nap)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%