Ganda Putra Pelapis Inkonsisten, Kejuaraan Dunia Jadi Penentuan

Selasa, 04 Juli 2017 | 21:09
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
FAJAR ALFIAN/MUHAMMAD RIAN ARDIANTO

INDOPOS.CO.ID - Selain Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, ganda putra Indonesia yang lain belum bisa memberikan gelar di level teratas bulutangkis dunia. Namun, mengandalkan kepada Marcus/Kevin semata bakal menjadi blunder seperti saat mereka mengalami cedera seperti saat ini.

Seperti yang terlihat kala mereka tampil di Indonesia Open Super Series Premier lalu. Secara mengejutkan Marcus/Kevin tersingkir pada babak pertama. Lalu, bagaimana dengan ganda putra pelapis? Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang menjadi tumpuan lain belum bisa berbuat banyak.

Sepanjang 2016-2017 ini, mereka belum mendulang satu gelar pun. Performa mereka kian menurun seiring cedera engkel kanan yang sempat didera Ricky. Herry Iman Pierngadi pelatih ganda putra pelatnas menerangkan, Ricky belum kembali ke performa awal.

"Harusnya mereka bisa meningkatkan motivasi lagi," sebut Herry IP di Jakarta, kemarin. Di Indonesia Open lalu, Angga/Ricky bahkan harus mengakui keunggulan junior mereka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Tetapi performa Fajar/Rian yang sempat diharapkan bisa naik juga belum konsisten betul.

Setali tiga uang dengan Angga/Ricky mereka juga langsung tersungkur di babak pertama Australia Open Super series 2017. Serangkaian program peningkatan performa ganda putra tengah dirancang. Salah satunya menggelar pelatihan di Bali.

Herry IP mengatakan,  dengan langkah tersebut diharapkan pemainnya bisa sedikit relaksasi. "Sembari memberikan penekanan secara mental buat mereka untuk bisa bangkit," terangnya. Pada Agustus mendatang, ganda putra juga akan membagi kekuatan di dua event besar bulu tangkis. Kejuaraan Dunia dan SEA Games 2017.

Angga/Ricky, Marcus/Kevin Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro akan berjuang di Kejuaraan Dunia. Sedangkan Fajar/Rian dan Berry Angriawan/Hardianto diharapkan bisa menyelamatkan medali emas di ganda putra. Sepanjang 2017 ini, kemungkinan adanya perubahan pasangan cukup terbuka lebar.

Tentunya, dengan mengacu prestasi para pasangan pelapis saat ini yang kurang maksimal. Kans besar yakni berada pada Angga/Ricky dan Ahsan/Rian. Kejuaraan Dunia 2017 bakal menjadi salah satu penentunya. Sebab, penentuan komposisi terbaik akan difokuskan tahun ini menuju Olimpiade 2020 Tokyo sebagai sasaran besarnya.

Kabibinpres PP PBSI, Susi Susanti menjelaskan bahwa para pasangan ganda putra pelapis harus bisa improve. "Saya sudah sampaikan kepada mereka, kalau bisa melewati prestasi seniornya kenapa gak," ujarnya. Menurut Susi,  itu akan menjadi modal besar buat kekuatan bulu tangkis Indonesia selanjutnya. (nap)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%