Jelang Selandia Baru Grand Prix Gold 2017, Indonesia Incar Juara Tunggal Putra

Jumat, 07 Juli 2017 | 18:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Jonatan Christie

INDOPOS.CO.ID - Kebijakan pengurus PP PBSI era Gita Wirjawan yang memberikan kepercayaan tunggal putra kepada pemain muda memang berlanjut di era Wiranto. Namun, hingga kini belum ada satupun gelar yang diraih tunggal putra pelatnas. Tetapi, peluang besar rupanya bakal hadir saat Jonatan Christie dkk tampil di Selandia Baru Grand Prix Gold 1-6 Agustus mendatang.

Ya, tim pelatih tunggal putra mematok juara buat pemain yang turun di ajang yang menjadi evaluasi terakhir sebelum tampil di SEA Games sepekan setelah turnamen berlangsung. "Saya targetkan mereka masuk final, dan juara," sebut Hendry Saputra pelatih tunggal putra pelatnas kepada Jawa Pos kemarin (6/7).

Persaingan yang cukup berat di tunggal putra dunia membuat wakil Indonesia harus bersusah payah untuk memecahkan paceklik gelar yang tak kunjung selesai. Prestasi terbaik tunggal putra pelatnas yakni saat Jonatan mampu menembus final Thailand Open Grand Prix Gold awal Juni lalu.

Sayangnya, di final, Jojo tak mampu membendung Sai Praneeth (India) dalam rubber game yang berakhir, 21-17, 18-21, 19-21. "Wakil India jelas layak diwaspadai, mereka memperlihatkan konsistensiya," sebut Hendry.

Terkait para pemainnya, Hendry mengatakan bahwa persiapan menuju SEA Games dan Selandia Baru GPG sudah berlangsung cukup matang. Khusus buat Ihsan Maulana Mustofa yang sebelumnya bermasalah dengan engkel kanan diakuinya sudah berangsur pulih. "Ihsan sudah oke, footwork uda jalan normal, kalaupun masih terasa sakit itu normal, masih ada dua-tiga minggu ke depan," bebernya. Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting yang sudah diajukan belum mendapatkan kepastian untuk turun di Selandia Baru GPG.

Sebab, Ginting yang diproyeksikan menuju Glasgow, Skotlandia untuk Kejuaraan Dunia diharapkan PP PBSI bisa lebih maksimal persiapannya. Pada Kejuaraan Dunia nanti, tunggal putra Indonesia menempatkan Ginting dan Tommy Sugiartio yang sebelumnya masuk dalam kriteria tampil di ajang level satu bulu tangkis dunia tersebut.

Susi Susanti, Kabidbinpres PP PBSI menerangkan bahwa pihaknya juga berharap adanya perbaikan prestasi yang bisa dijalankan sektor tunggal, baik putra dan putri. Salah satu momentum untuk berubah yakni di Selandia Baru GPG nanti. "Saya rasa sudah waktunya mereka memberikan bukti," katanya

Setelah itu, sejumlah turnamen pasca SEA Games dan Kejuaraan Dunia bakal diikuti penggawa pelatnas. Termasuk di antaranya, Korea Open, Jepang Open hingga tur Eropa di Denmark Open plus Prancis Open 2017. (nap)

Empat Tunggal Putra di Selandia Baru

Tunggal putra pelatnas bulutangkis Indonesia kini tengah bersiap menghadapi dua even penting,  SEA Games dan Kejuaraan Dunia 2017. Sebelum itu, mereka harus menjalani persiapan akhir di Selandia Baru Grand Prix Gold akhir awal Agustus.

Jonatan Christie

Ranking BWF                      : 22

Prestasi Terbaik                                : runner up Thailand Open 2017

Persiapan Untuk              : SEA Games 2017          

Ihsan Maulana Mustofa

Ranking BWF                      : 46

Prestasi Terbaik                                : runner up (Thailand Open 2015 dan Belanda Open 2014)

Persiapan Untuk              : SEA Games 2017

Firman Abdul Kholik

Ranking BWF                      : 98

Prestasi Terbaik                                : runner up Indonesia masters 2014

Persiapan Untuk              : SEA Games 2017

Anthony Sinisuka Ginting*

Ranking BWF                      : 26

Prestasi Terbaik                                : Semifinalis; Singapore Open 2017, Swiss Open 2017, Thailand Masters 2017, Malaysia Masters 2017

Persiapan Untuk              : Kejuaraan Dunia 2017

*) Belum pasti turun

Sumber: PP PBSI

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%