Roma Saat Ini Serasa Supermarket

Selasa, 11 Juli 2017 | 13:01
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Radja Nainggolan

INDOPOS.CO.ID - Ada tagline tak resmi yang mencuat di ibu kota Italia, Roma. ''Roma bukan supermarket,'' ucap Ramon Rodriguez Verdejo, pria asal Spanyol yang lebih familiar dengan panggilan Monchi. Sebagai Direktur Olahraga AS Roma, sebulan lalu, Monchi sudah membantah spekulasi transfer bintang-bintang Il Lupi – julukan Roma. Seperti Mohamed Salah dan Antonio Ruediger.

Waktu terus berjalan. Sebulan berlalu. Angin perubahan berembus dengan kencang. Isu yang dulunya berseliweran itu malah menjadi kenyataan. Kedua pemain itu angkat koper dari Trigoria, markas AS Roma. Senin WIB (10/7), misalnya, Ruediger terbang ke London. Ia resmi diperkenalkan sebagai pemain baru, Chelsea. Bek timnas Jerman itu merapat ke The Blues dengan transfer fee yang lumayan tinggi, EUR 35 juta (Rp 533,9 miliar). Ini berarti, Ruediger jadi pemain ketiga yang dilepas Roma dengan harga di atas ratat-rata.

Sepekan sebelumnya, Mohammed Salah yang duluan pergi.  Pemain sayap asal Mesir itu dilepas pada 23 Juni lalu jadi pemain dengan banderol termahal pada musim panas ini. Liverpool harus menggelontorkan dana sebesar EUR 42 juta (Rp 640,7 miliar) untuk mendapatkan jasa pemain yang pernah dibuang Chelsea. Leandro Paredes juga terkena imbas. Ia dilepas dengan estimasi harga EUR 23 juta (Rp 350,8 miliar).

Roma menjual Paredes ke klub kaya Rusia, Zenit St Petersburg. Selain tiga aktivitas Roma di bursa transfer musim panas itu, lainnya Roma hanya melego pemainnya dengan status bebas transfer. Ada juga masa peminjamannya pemain yang sudah habis. Penjaga gawang Wojciech Szczesny, misalnya. Lalu Pangerang Roma yang juga ikon sepak bola Il Lupi juga diminta menepi. Dialah Il Capitano Francesco Totti karena sudah berusia 40.

Dengan rentang waktu bursa transfer musim panas yang baru setengah jalan, siapa lagi yang menyusul Salah, Ruediger dan Paredes? Gelandang Roma Kevin Strootman dalam akun Instagram-nya di @kevinstrootman berharap Ruediger-lah pemain terakhir yang meninggalkan Roma. Strootman mengungkapkannya dalam kata-kata perpisahannya untuk Ruediger.

''Semoga sukses temanku Antonio Ruediger di klub barumu. Saya bakal merindukan tiap persaingan denganmu di sesi latihan, dan diskusi denganmu di ruang ganti. Tapi yang terutama, saya merindukanmu di lapangan,'' tulis gelandang berusia 27 tahun tersebut dalam caption foto-fotonya dengan Ruediger.

Di bawahnya dia menambahkan lagi: “PS: Saya harap ini akan jadi kata perpisahan yang terakhir (di Roma) pada musim panas ini,'' tulisnya dengan disertai emoticon berkedip. Nah, ini  yang kemudian memancing spekulasi lagi terkait pemain berikutnya eksodus dari Roma musim panas ini.

 

Pasalnya, dalam ratusan komentar foto postingan gelandang timnas Belanda itu, ada satu  komentar dari salah seorang penggawa Roma Radja Nainggolan. Apakah komentar Nainggolan  saat itu? ''Saya tidak tahu (tidak janji),'' tulis Nainggolan disertai emoticon senyuman. Apa yang ditulis gelandang 29 tahun itu merujuk pada harapan Strootman sebelumnya.  

Dengan kata lain, Nainggolan juga membuka peluang bakal pergi  dari Roma menyusul Salah, Paredes, dan Ruediger. Apalagi, sama seperti Ruediger, Nainggolan pun juga sejak lama dikait-kaitkan dengan revolusi di tubuh The Blues – julukan Chelsea. Klub juara bertahan Premier League itu bahkan berani membayar mahal demi menerbangkan pemain yang punya darah Batak itu ke Stamford Bridge, markas Chelsea.

Bahkan, nilai tawaran Chelsea, kalau benar seperti yang dikabarkan media-media Inggris pun mampu melewati transfer fee Salah. Harga Nainggolan bisa mencapai di EUR 79,1 juta (Rp 1,2 triliun). Tidak hanya Chelsea, Manchester United juga ikut melirik memiliki gelandang timnas Belgia itu.

Antara Nainggolan dengan Chelsea pun disebut Metro sudah melakukan komunikasi. Itu dilakukan pelatih Chelsea Antonio Conte. Nainggolan disebut sudah setuju untuk jadi bagian di bawah Conte di Chelsea. Media-media Inggris pun meyakini, transfer Ruediger bisa jadi pintu masuknya Nainggolan ke London Cobham, kamp latihan Chelsea.

Terkait dengan rumor Nainggolan ini, Monchi sebagaimana dilansir Football Italia, memberikan sanggahannya. Pria berusia 48 tahun tersebut menegaskan bahwa Ruediger adalah pemain terakhir yang meninggalkan Roma. Sama seperti yang menjadi harapan Strootman pada akun status di Instagram-nya.

''Masa penjualan pemain-pemain penting kami sudah selesai. Sekarang, waktunya untuk membangun tim ini dengan opsi yang tersedia di pasaran,'' klaim sosok yang namanya dikenal ketika jadi Direktur Olahraga klub papan atas Spanyol Sevilla itu. ''Nainggolan? Dia tetap akan di Roma,'' tegasnya. (ren)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%