Coba Gabungkan Senior Junior Ganda Putri, Pelatnas Bulutangkis Bongkar Pasangan Terus

Kamis, 20 Juli 2017 | 13:47
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
GREYSIA POLII/APRIANI RAHAYU

INDOPOS.CO.ID - Ganda putri pelatnas Indonesia berusaha kembali ke persaingan top dunia. Penampilan apik Greysia Polii/Apriani Rahayu dalam beberapa turnamen terakhir menjadi harapan baru. Selain itu, Eng Hian, pelatih ganda putri Indonesia juga bakal menerapkan bongkar pasang pasangan pelatnas.

Salah satu buktinya yakni kebijakan menurunkan Ni Ketut Mahadewi dengan Rosyita Eka Sari. Padahal sebelumnya Ketut partner dengan Anggia Shitta dan menembus semifinal Indonesia Open Super Series 2017. Sedangkan Rosyita berpasangan dengan Della Destiara Haris.

Hasil evaluasi enam bulan pertama 2017 mengharuskan Eng Hian untuk merombak kekuatan yang ada. Sebab, tahun depan Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang bergengsi, Asian Games. Mereka juga mempersiapkan diri menuju Olimpiade Tokyo 2020. Greysia/Apriani dan Ketut/Rosyita akan menjadi kekuatan ganda putri di SEA Games Malaysia Agustus mendatang. Dua pasangan ini mendapatkan tantangan besar mengembalikan kejayaan ganda putri Indonesia.

Eng Hian menila Anggia/Ketut tidak terlalu jelek. Terlebih di Indonesia Open mereka tampil hingga babak semifinal “Dari setengah tahun ini menurut saya ada yang kurang dari mereka, baik teknis maupun non teknis,” ujar peraih medali perunggu Olimpiade 2004 bersama Flandy Limpele itu dalam surat elektronik PP PBSI kemarin (19/7).

Sebelumnya, Eng Hian menginginkan sejumlah pebulu tangkis untuk didegradasi dari pelatnas. Ucapan tegas Eng Hian itu disampaikan di sela-sela timnya mempersiapkan diri menuju Sudirman Cup. Tetapi, ada pertimbangan lain yang membuat dia memilih untuk mengkaryakan pebulu tangkis senior.

"Saya pikir ulang dan melihat program Greysia/Apriani. Kenapa nggak saya minta mereka "angkat" yang junior?," lanjutnya. Secara nonteknis, keberadaan pemain senior diharapkan bisa mendongkrak mental bertanding para pebulutangkis junior.

Sementara itu, Apriani yang sudah hampir empat bulan terakhir berpartner dengan Greysia mengaku masih butuh bimbingan seniornya. "Komunikasi harus lebih enak lagi, juga pembagian tugas di lapangan," urai pebulutangkis yang tahun lalu masih tampil di level junior itu. (bam/nap)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%