Selangkah Lagi, Kubica Comeback F1

Selasa, 25 Juli 2017 | 16:52
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Robert Kubica melaju dengan mobil balapnya.

INDOPOS.CO.ID - Jalan Robert Kubica kembali ke Formula 1 semakin lapang. Pembalap Polandia itu dipastikan bakal turun dalam uji coba pasca lomba GP Hungaria pekan depan. Kabarnya, hasil uji coba tersebut akan menjadi pertimbangan timnya, Renault untuk memasangkannya dengan Nico Hulkenberg musim depan.

Renault cukup lama mempertimbangkan apakah akan menurunkan Kubica dalam tes tersebut. Situasinya serba sulit bagi Renault, karena Kubica termasuk pembalap F1 berpengalaman. Padahal regulasi FIA menyebutkan bahwa dua dari empat uji coba tengah musim harus dilakukan pembalap yang baru memiliki pengalaman maksimal dua kali balapan grand prix.

Kubica sendiri sudah melakoni 76 balapan dalam karirnya bersama BMW Sauber dan Renault. Karena Renault sudah menurunkan Hulkenberg pada uji coba di Bahrain, artinya mereka hanya tinggal punya satu hari lagi untuk pembalap non-rookie. Waktu yang sangat berharga itulah yang nantinya diberikan kepada Kubica. Karena untuk kali pertama Kubica akan membalap di atas mobil F1 2017.

Managing Director Cyril Abiteboul menyebutkan, dua hari uji coba akan memberikan peluang kepada Robert dan kami untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari RS17. ''Setelah tes tersebut, kami akan secara hati-hari menganalisa informasi yang sudah dikumpulkan untuk menentukan apakah situasinya memungkinkan bagi Robert kembali membalap di kompetisi ini ke depannya,'' terangnya.

Pembalap 32 tahun itu akan turun pada hari kedua uji coba Rabu 2 Agustus. Sedangkan hari pertama akan turun pembalap cadangan Renault yang juga jagoan tim DAMS di Formula 2 Nicholas Latifi. Satu-satunya cara bagi Renault untuk memberikan Kubica waktu untuk membiasakan diri dengan mobil F1 adalah lewat uji coba terpisah menggunakan pembalap pengganti.

Kubica memenuhi syarat untuk melakukan itu, karena dia sudah tidak membalap di grand prix setidaknya dua musim terakhir. Selain itu, uji coba harus digelar di sirkuit yang tidak masuk kalender balap F1. Tetapi jika setelah uji coba tersebut Renault memutuskan Kubica belum siap untuk berlaga musim depan, maka regulasi FIA akan kehilangan satu hari uji coba pra-musim nya tahun depan.

Yang juga akan turun di uji coba tengah musim Hungaria adalah pembalap F2 asuhan Honda Nobuharu Matsushita. Ini adalah kali pertama pembalap Jepang itu turun menjajal mobil Formula 1. Dia akan menggunakan mobil Sauber yang musim depan bakal menggunakan mesin Honda.

Kabar ini sekaligus mengonfirmasi bahwa peluang pembalap Indonesia Rio Haryanto untuk kembali ke F1 musim depan semakin sempit. Awalnya, ketika Honda menyepakati kerjasama dengan Sauber pabrikan Jepang itu disebut-sebut akan membawa pembalap Asia menduduki salah satu kursi balap Sauber musim depan.

Nama Rio disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menduduki kursi tersebut mengingat dialah satu-satunya pembalap Asia yang pernah berlaga di F1 musim lalu. Dari informasi yang diterima Jawa Pos (Grup Indopos), manajemen Rio juga sudah bertemu pihak Honda untuk membicarakan kemungkinan tersebut, meski belum ada keputusan final.

Pada uji coba tersebut pembalap Indonesia Sean Gelael juga akan kembali turun untuk kali kedua musim ini bersama Toro Rosso. Sebelumnya, dia sudah menjajal STR16 milik Daniil Kvyat di sirkuit Bahrain, April lalu dengan hasil bagus sehingga mendapatkan pujian dari bos Toro Rosso, Franz Tost dan juga Christian Horner, tim prinsipal Red Bull Racing. (cak/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%