Berharap Keadilan dari Pengadil Lapangan di Laga Persija versus Persiba

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 11:40
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Laga pekan ke-19 Liga 1 2017 antara tuan rumah Persija Jakarta kontra Persiba Balikpapan akan dipimpin oleh wasit asing. Panitia Pelaksana (Panpel) Persija telah menerima daftar wasit yang akan memimpin laga ini. Tiga wasit asing yang ditugaskan berasal dari Kirgyzstan.    

“Kami sudah menerima daftar wasit yang memimpin laga Persija vs Persiba, pada hari ini. Sudah kami beritahukan kepada anggota panpel yang bertugas khusus untuk mengurus akomodasi wasit selama bertugas di Bekasi,” ucap Ketua Panpel Persija Arief Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (11/8).

Sebelumnya, Persija sempat mengeluhkan kepemimpinan wasit lokal di beberapa pertandingan terakhir. Keluhan Persija ini sepertinya direspons oleh PSSI dan operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dengan hadirnya wasit asing diharapkan akan meningkatkan kualitas pertandingan.

Arief mengatakan, akan menyediakan pelayanan yang maksimal kepada wasit asing. Dengan begitu, dia berharap pengadil pertandingan dapat melakukan tugasnya dengan jujur dan tegas. “Tujuannya jelas, agar wasit yang bertugas sesuai dengan rule yang ada pada laws of the game. Tidak ada motif lain,” tutur Arief.

Sebelumnya, kepemimpinan wasit asing mendapat banjir pujian pada laga Persiba Bandung melawan PS TNI di pekan ke-18 Liga 1. Kuartet wasit asal Australia, Evans Shaun Robert, Brown Wilson Kenneth, Lakrindis George dinilai tegas dalam mengambil setiap keputusan.

“Kami harapkan adanya wasit asing ini akan membuat pertandingan lebih enak ditonton dan berkualitas. Lalu, laga akan berlangsung laga yang nyaman dan aman untuk semua pihak. Sekali lagi, kami minta kerja sama dari semua pihak. Mari menjadi tuan rumah yang baik dan contoh bagi yang lain,” tutup Arief.

Selain pujian, kepemimpinan wasit asing juga mendapatkan kritikan. Adalah wasit asal Kirgyzstan, Rysbek Shekerbekov, dibantu dua asisten wasit, Artem Skopintsev, Eldiiar Salybaev, serta Yeni Krisdianto asal Tulungagung bertindak sebagai wasit cadangan dalam pertandingan antara PSM Makassar menghadapi Mitra Kukar, jadi sasaran kritik.

Robert Rene Alberts selaku pelatih PSM Makassar secara spontan mengatakan, wasit yang memimpin jalannya pertandingan timnya kala itu tidaklah bagus. Kompetisi Liga 1 sebenarnya membutuhkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk menunjang kinerja wasit dalam memimpin sebuah pertandingan. Keberadaan teknologi VAR dikatakan dapat membuat wasit tidak memiliki tekanan dari klub-klub yang bertanding. (fdi)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%