Kontra Watford, Liverpool Harus Konsisten Garang

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 13:55
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Mohamed Salah

INDOPOS.CO.ID - Pelatih Liverpool Juergen Klopp tak akan lupa dengan soalk Mario Silva. Pada Februari lalu, saat pertemuan perdana keduanya di KCOM Stadium, Liverpool secara mengejutkan takluk 0-2 di kaki Hull yang saat itu dilatih Silva.  Padahal prediksinya Liverpool bisa menang mudah. Hull adalah tim posisi ke-19 dan Liverpool nangkring di posisi tiga. Berkat tiga poin atas Liverpool itu Hull kemudian naik ke posisi 18.

Musim berganti dan Klopp masih membawa rasa penasaran gagal menang atas Silva itu. Malam ini (12/8) di Stadion Vicarage Road, pelatih 50 tahun itu kembali bertemu Silva tapi dengan tim yang berbeda. Silva digandeng Watford musim panas ini untuk dua musim ke depan. (siaran langsung beIN Sport 1 pukul 18.30 WIB).

Seperti diberitakan Liverpool Echo, Klopp memilih bersikap eksytrahati-hati terhadap sosok Silva dan racikannya . Meski penyerang utama Watford Troy Deeney absen karena cedera pangkal paha, namun The Hornets baru saja membeli penyerang  Andre Gray Rabu (9/8) lalu dari Burnley.

 “Anda bisa lihat banyak hal yang dibawanya ke Hull (musim lalu). Cara mereka bermain sangat jelas. Mereka adalah tim yang bermain lewat sayap,” kata Klopp. “Kami tahu bagaimana harus bertahan  dan di mana memanfaatkan ruang dalam lini serang tim,” ucap eks pelatih Mainx 05 dan Borussia Dortmund itu.

Kali ini, Klopp masih konsisten memakai formasi 4-3-3 untuk meneror lini belakang Watford. Meski kreator serangan Liverpool Philippe Coutinho menepi karena cedera punggung, hal itu bisa diantisipasi. Hal lain yang membuat Klopp lega adalah Liverpool menolak tawaran Barcelona yang berminat memakai jasa pemain 25 tahun tersebut.

Nah, kedatangan pemain timnas Mesir Mohamed Salah plus kesembuhan Sadio Mane membuat Liverpool tampil garang di pramusim ini. Di turnamen pramusim Audi Cup 2017,  misalnya. Liverpool menghajar Bayern Muenchen 3-0.  Jadi sedikit banyak tanpa Coutinho, unit serang Liverpool tetap jalan bahkan cenderung garang. Dari semua laga pramusim Liverpool yang berjumlah delapan laga itu, Liverpool membikin 19 gol. “Kami menjalani pramusim dengan baik dan penampilan yang bagus pula. Kami telah bersiap untuk pertandingan musim ini dan ini sungguh kabar bagus,” kata Klopp.

Mengenai Salah, Klopp merasa semuanya sudah melihat bagaimana eksplosifnya pemain berambut kriwul tersebut. Pemain 25 tahun tersebut berkontribusi empat gol selama pramusim.   “(Salah) punya kecepatan, teknik, dan kemampuan penyelesaian akhir yang oke punya. Dan kemampuannya sungguh natural. Juga saya sudah berbicara pada agar tak terburu-buru agar nyetel dengan tim,” tutur pria yang memenangkan dua trofi Bundesliga bersama Dortmund itu.

Meski punya hasil pramusim yang bagus, enam menang, sekali seri, dan sekali kalah akan tetapi Klopp menyatakan Manchester City adalah favorit memenangkan Premier League musim ini. Belanja oleh Pep Guardiola serta rekrutan penting di lini belakang membuat City tampak mendekati sempurna di awal musim ini.  Penyerang Liverpool Sadio Mane kepada ESPN juga menyambut musim ini dengan antusias. Kedatangan Salah membuat pemain asal Senegal tersebut rela bergeser posisi ke winger kiri. 

Sementara itu, Silva dalam situs resmi Watford mengatakan melakoni laga pembuka di kandang adalah kunci. Dengan dukungan suporter, jauh lebih mudah menangkal teror Liverpool. Di antara 41 laga kandang yang dijalani Silva bersama Hull maupun Olympiacos, Silva tak pernah takluk di kandang. Sunderland adalah tim pemutus rantai tak kalah di kandang ala Silva pada Mei lalu.   “Anda harus menunjukkan sesuatu yang spesial ketika tampil di kandang. Karena itu adalah jalan membuka hubungan yang spesial dengan para fans,” kata Silva kemarin. (dra)

Perkiraan Pemain

Watford (4-5-1) : 1-Gomes (g/c) ; 2-Janmaat, 4-Kaboul, 3-Britos, 25-Holebas ; 29-Capoue, 14-Chalobah, 8-Cleverly, 11-Richarlison, 37-Pereyra ; 18-Gray

Pelatih : Marco Silva

Liverpool (4-3-3) : 22-Mignolet (g) ; 66-Alexander-Arnold, 32-Matip, 6-Lovren 7-Milner ; 14-Henderson (c), 23-Can, 5-Wijnaldum ; 19-Mane, 9-Firmino, 11-Salah

Pelatih : Juergen Klopp

Stadion Vicarage Road, Watford

Wasit : Anthony Taylor

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%