Vettel Catat Rekor, Tapi Hamilton yang Juara GP Belgia

Minggu, 27 Agustus 2017 | 22:17
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Lewis Hamilton berhasil memangkas jarak dari Sebastian Vettel menjadi tujuh poin. (AFP)

INDOPOS.CO.ID - Lewis Hamilton tampil perkasa di Formula 1 Grand Prix Belgia, Minggu (27/8). Start dari posisi terdepan, pembalap Mercedes asal Inggris itu menuntaskan balapan sebagai pemenang meski rivalnya, Sebastian Vettel, mampu mencatat rekor lap tercepat di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Keberhasilan Hamilton terasa semakin spesial karena dalam perlombaan, dia pun sukse meredam keganasan Vettel dalam menekan. Setelah melakukan start ke-200 di F1, Hamilton memang harus dibuat sibuk menahan serangan dari Vettel sepanjang balapan.

Selepas start, enam pembalap terdepan tidak berganti posisi setelah melewati tikungan pertama. Vettel berusaha mengancam Hamilton di Les Combes tapi tidak berhasil menyalip.

Pada lap kedelapan, musibah menimpa Max Verstappen. Pembalap Red Bull itu tampil di hadapan ribuan pendukungnya yang hadir langsung dari Belanda. Tapi ia mengalami masalah mekanis pada mobil RB13 yang ia kemudikan.

Empat putaran kemudian, duo Mercedes melakukan pitstop dan beralih ke kompon soft. Sementara Raikkonen berada dalam sorotan investigasi karena dianggap tidak memperlambat lajunya saat melewati bendera kuning ganda.

Vettel melakukan pitstop dua putaran setelah Hamilton. Raikkonen yang bertahan di lintasan berusaha menahan Hamilton. Tapi dengan ban yang lebih segar, Hamilton dengan mudah menyalip Raikkonen di lurusan Kemmel.

Meski masih menjadi pemimpin balapan pada pertengahan lomba, Hamilton dibuat kerja keras untuk mempertahankan posisinya. Terlebih karena Vettel memiliki cadangan ban ultrasoft yang segar untuk dipakai di stint berikutnya, sedangkan Hamilton tidak.

Safety car sempat mengintervensi balapan menyusul insiden yang melibatkan duo pembalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon. Pada lap ke-30, keduanya bersentuhan saat menuju Eau Rouge. Ocon terjepit antara dinding pembatas dan mobil Perez yang berada di sisi kirinya. Sayap depan Ocon menabrak ban kanan-belakang Perez hingga terkoyak.

Setelah safety car kembali masuk ke pit, Vettel langsung menempel ketat Hamilton. Sementara, Ricciardo melakukan restart yang luar biasa dan merangsek ke posisi tiga di depan Raikkonen yang juga menyalip Bottas di lurusan Kemmel.

Hamilton bisa sedikit memperlebar jaraknya menjadi lebih dari satu detik. Tapi Vettel tidak menyerah dan kembali mencetak waktu tercepat yang kini menjadi rekor lap tercepat di Spa-Francorchamps, 1 menit 46,577 detik.

Namun, hingga bendera finis dikibaskan Vettel gagal menyalip Hamilton yang berhasil menjuarai balapan dengan jarak keunggulan 2.4 detik. Meski dengan ban yang lebih cepat dan segar, Vettel harus puas finis di urutan kedua. 

Dengan hasil ini, Hamilton berhasil memangkas jarak dengan Vettel menjadi 7 poin. Vettel berada di puncak klasemen pembalap dengan mengumpulkan 220 angka, Hamilton di posisi kedua dengan 213 poin.

Hasil balapan GP Belgia:
1) Lewis Hamilton Mercedes 1:24'42.820
2) Sebastian Vettel Ferrari +2.358
3) Daniel Ricciardo Red Bull +10.791
4) Kimi Raikkonen Ferrari +14.471
5) Valtteri Bottas Mercedes +16.456
6) Nico Hulkenberg Renault +28.087
7) Romain Grosjean Haas +31.553
8) Felipe Massa Williams +36.649
9) Esteban Ocon Force India +38.154
10) Carlos Sainz Jr. Toro Rosso +39.447
11) Lance Stroll Williams +48.999
12) Daniil Kvyat Toro Rosso +49.940
13) Jolyon Palmer Renault +53.239
14) Stoffel Vandoorne McLaren +57.078
15) Kevin Magnussen Haas +1'07.262
16) Marcus Ericsson Sauber +1'09.711
17) Sergio Perez Force India
Fernando Alonso McLaren
Max Verstappen Red Bull
Pascal Wehrlein Sauber

(ira/Motorsport.com/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%