Penonton Terbanyak, Jakmania Ungguli Bobotoh

Selasa, 12 September 2017 | 11:12
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MILITAN: Aksi Jakmania dalam sebuah laga Persija.

INDOPOS.CO.ID - Liga 1 2017 tak lama lagi akan segera berakhir. Hingga saat ini sudah 23 pekan terlewati. Dahaga pecinta sepak bola nasional akan pertandingan-pertandingan sengit antarklub di tanah air dalam kompetisi resmi pun mulai terobati.

Bahkan, antusiasme penonton datang ke stadion pun meningkat. Total penonton yang hadir di stadion di Liga 1 sampai pekan ke 23 adalah sebanyak 1.525.858 orang. Tayangan langsung dari di stasiun televisi swasta pun dinanti oleh penggemar olahraga si kulit bundar yang tak sempat datang ke stadion.

Dari data yang tercatat di laman Transfer Markt, dua klub besar, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung, menjadi tim yang paling banyak menghadirkan penonton ke stadion. Persija yang bermarkas di Stadion Patriot, Bekasi total mencatatkan 252.563 penonton.

Di mana rata-rata setiap pertandingan kandang jumlah Jakmania yang hadir adalah sebanyak 25.256 orang. Rival Persija, Persib Bandung berada di urutan dua.

Sementara Maung Bandung dengan Bobotoh setianya sudah menghadirkan total 189.112 penonton ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat. Dengan rata-rata penonton per pertandingan kandang adalah 21.012

Jumlah penonton Persib sebenarnya lebih banyak sebelum paruh musim. Namun, jumlah ini terlewati penonton Persija karena bobotoh sempat absen dalam dua pertandingan kandang.

Penyebabnya karena bobotoh mendapat sanksi dari PSSI yang melarang mereka menyaksikan Michael Essien dan kawan-kawan berlaga di stadion sebanyak lima laga beruntun.

PSM Makassar yang juga termasuk tim melegenda di Indonesia menjadi tim dengan penonton terbanyak ketiga. Juku Eja sudah menghadirkan sebanyak 118.253 orang ke Stadion Andi Mattalata. Dengan rata-rata 13.139 orang per pertandingan kandang. (fdi)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%