Menang Besar atas Mainz 05, bisa Redam Friksi di Bayern Muenchen

Sabtu, 16 September 2017 | 13:41
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Lewandowski

INDOPOS.CO.ID - Bahkan kemenangan di Liga Champions pun tidak cukup memberikan rasa nyaman di ruang ganti raksasa Jerman Bayern Muenchen. Makanya butuh lebih dari sekedar 'mengamankan' tiga poin oleh Die Roten.  Dan malam ini (16/9) di Allianz Arena tugas berat itu sudah menanti der trainer Carlo Ancelotti. Yakni menghadirkan ketenangan kembali dengan menang telak atas Mainz 05.

Pada pekan lalu Bayern baru saja mendapat malu. Yakni dipermalukan TSG Hoffenheim dengan skor 0-2 di Sinsheim. Buntut kekalahan tersebut kemudian der trainer Hoffenheim, Julian Nagelsmann digadang-gadang menjadi suksesor Ancelotti.

Legenda Bayern Lothr Mattheaus kepada Bild kemarin mengatakan 'kekacauan' ruang ganti Bayern harus segera disudahi. Ancelotti harus kembali memegang kendali ruang ganti serta mendapatkan kembali respek dari para pemainnya.   “Kondisi seperti ini lama tak terjadi di Bayern. Proses bermain di lapangan tidak berjalan mulus dan kammu tidak puas dengan performa keseluruhan musim ini,” kata Mattheaus kemarin.

Turbulensi dalam tubuh Bayern memang bukan barang baru. Pemain dan pelatih saling memaksakan egonya. Pengurus klub juga dengan gampang memberikan bocoran kondisi internal ke pihak media.  Dan beberapa pelatih terakhir yang sempat 'bentrok' dengan pemain sendiri atau pengurus diantaranya era Louis van Gaal (2009-2011) dan Juergen Klinsmann (2009-2010).   “Ancelotti harus keras sekarang, lebih keras dibandingkan satu setengah tahun lalu. Kalau tidak dalam waktu dekat akan terjadi kekacauan,” kata Mattheaus. “Saya tak tahu apakah dia (Ancelotti, red.) sengaja menciptakan kondisi ini,” tambah pemain yang 12 musim bersama Bayern itu.

Mattheaus memang blak-blakan dalam memberikan kritik kepada dua pelatih Bayern terakhir. Sebelum Ancelotti, yakni era Josep Guardiola, Mattheaus menyebut Bayern telah 'dispanyolisasi' oleh pelatih yang memberikan 14 trofi buat Barca itu. Kritik itu diberikan selain gaya main Bayern yang jadi flamboyan. Kemudian  pemain-pemain Jerman yang terpinggirkan perannya di Bayern.  

Saran Mattheaus secepatnya Ancelotti wajib berbicara secara internal dengan para pemainnya. Kemudian buatlah para biang kerok tim itu diam. “Kalau perlu kirim saja pemain bengal ke tribun penonton,” ucap Mattheaus.

Soal kondisi internal Bayern yang tak harmonis ini sudah diprediksi oleh eks kapten Bayern era awal 2000-an Stefan Effenberg. Awal Agustus silam, Effe, sapaan Stefan Effenberg, kepada T-Online mengatakan 'cuma' menang di ajang Bundesliga kemudian keok di semifinal DFB Pokal dan kalah di perempat final Liga Champions  untuk pelatih sekelas Ancelotti sesungguhnya hasil tersebut tak pantas.  “Para pemain berganti, pun demikian dengan pelatih. Kalau saja musim 2017-2018 ini akan berjalan seperti musim lalu atau tak menutup kemungkinan bakal lebih buruk,” tutur pria berusia 49 tahun tersebut.

Dalam kacamata Effe, skuad Bayern era Ancelotti ini kehilangan kengototan bermain di lapangan. Pria yang enam musim bareng Bayern ini mencontohkan era Ottmar Hitzfiled pertama (1998-2004) para pemain dibentuk untuk bersedia mati di lapangan.

Effe juga menyarankan kalau Ancelotti menjaga relasi dengan pemain-pemain senior seperti Frank Ribery ataupun Thomas Mueller. Ribery adalah pemain yang sudah satu dekade bersama Bayern. Sedang Mueller merupakan pewaris tahta Bavaria setelah Philipp Lahm pensiun musim panas lalu.  Nah, setelah eks gelandang Bayern Mario Basler menuturkan kalau Ancelotti akan hijrah ke klub Tiongkok pada Januari mendatang, sumber internal ESPN  menyatakan tidak sepakat.

Menurut ESPN ada kans buat Ancelotti untuk kembali ke Premier League bersama tim asal London. Bukan balik kucing ke Cobham markas Chelsea, melainkan berlabuh di Emirates Stadium atau kandang Arsenal.   “Ketidakcocokan di tubuh Bayern bisa menuntun Ancelotti menggantikan Arsene Wenger di Arsenal karena Wenger hanya memperpanjang kontraknya setahun pada Mei lalu,” tulis ESPN. (dra)

Susunan Pemain

Bayern Muenchen (4-2-3-1) : 1-Neuer (g/c) ; 32-Kimmich, 17-Boateng, 5-Hummels, 13-Rafinha ; 19-Rudy, 23-Vidal ; 10-Robben, 6-Thiago, 7-Ribery ; 9-Lewandowski

Pelatih : Carlo Ancelotti

Mainz 05 (3-4-2-1) : 1-Adler (g) ; 3-Balogun, 16-Bell (c), 4-Diallo ; 2-Donati, 20-Frei, 23-Serdar, 18-Brosinski ; 32-Blasis, 8-Oeztunali ; 14-Fischer

Pelatih : Sandro Schwarz

Stadion Allianz Arena, Muenchen

Wasit : Sascha Stegemann

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%