Max Verstappen Tercepat di F1 GP Malaysia

Verstappen mengalahkan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Minggu, 01 Oktober 2017 | 16:35
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Max Verstappen berduel dengan Lewis Hamilton

INDOPOS.CO.ID - Pembalap Red Bull, Max Verstappen, F1 GP Malaysia penuh drama di Sirkuit Sepang, Minggu (1/10). Verstappen mengalahkan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Max Verstappen finis terdepan dengan keunggulan 12,770 detik atas Hamilton. Rekan setim Verstappen, Daniel Ricciardo, melengkapi pesta Red Bull dengan finis di posisi ketiga setelah berhasil menahan serangan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, pada fase akhir lomba.

Walau gagal podium, performa Vettel layak mendapat acungan jempol karena mampu finis keempat meski start dari posisi terakhir. Meski gagal menang, Hamilton tetap berhasil memperlebar jarak dengan Vettel dalam persaingan perebutan titel F1 2017. Hamilton kini memimpin 34 poin atas Vettel di puncak klasemen dengan lima seri tersisa. 

Drama sudah terjadi sebelum balapan dimulai. Kimi Raikkonen start dari posisi kedua mengalami masalah turbo. Mobil juara dunia 2007 ini terpaksa didorong masuk ke pit.

Mekanik Ferrari lalu bertarung melawan waktu untuk mencoba memperbaiki problem tersebut agar Raikkonen tetap bisa start dari pit lane. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil dan The Iceman, julukan Raikkonen gagal balapan. Kejadian ini jelas merugikan Raikkonen. Padahal,  dia memiliki peluang besar memenangi balapan.

Start lomba berjalan mulus tanpa insiden. Lewis Hamilton yang memulai balapan dari pole position langsung melesat untuk memimpin lomba selepas tikungan pertama.Hamilton melakukan start bagus, Valtteri Bottas. Dia sempat menyodok ke posisi kedua sebelum disalip Max Verstappen.

Sebastian Vettel start dari posisi terakhir juga membuat start impresif. Pada lap ketiga, Vettel sudah melesat ke posisi 11. Lap ke-4, Verstappen  menyalip Hamilton untuk mengambil alih pimpinan lomba. Tujuh lap berselang, giliran Daniel Ricciardo yang melewati Bottas merebut posisi ketiga.

Memasuki pertengahan lomba, Verstappen meninggalkan  jauh Hamilton. Sisi lain, Vettel semakin merangsek ke depan dan merebut posisi keempat dari Bottas yang masuk pit untuk mengganti ban pada lap 29.

Beberapa insiden  mewarnai balapan. Salah satunya adalah senggolan antara Fernando Alonso dan Kevin Magnussen pada lap 33. Kedua pebalap saling memaki di radio tapi tak ada yang mendapat hukuman dari pengawas lomba. Berselang tujuh lap, Magnussen kembali terlibat kontak dengan Jolyon Palmer.

Pada 10 lap terakhir, Vettel semakin mendekati Ricciardo berada di posisi ketiga. Namun, Ricciardo mempertahankan posisi sampai balapan usai. Drama kembali terjadi selepas finis. Lance Stroll menabrak bagian belakang sebelah kiri mobil Vettel sampai ringsek saat slow down lap. Vettel menumpang mobil Pascal Wehrlein untuk kembali ke pit.

Bagi Max Verstappen, ini merupakan kemenangan pertamanya pada F1 2017 dan yang kedua sepanjang karier di lomba jet darat. Kemenangan pada F1 GP Malaysia juga sekaligus menjadi kado manis bagi Verstappen di ulang tahun ke-20 pada Sabtu (30/9).

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%