Ini Penampakan Vettel Numpang Mobil Lawan Saat ke Pitlane GP Malaysia

Senin, 02 Oktober 2017 | 16:01
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto: youtube.com

INDOPOS.CO.ID - Pembalap Ferrari Sebastian Vettel pantas dinobatkan sebagai driver of the day pada edisi pamungkas GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (1/10). Setelah aksinya mengundang decak kagum sepanjang balapan, Vettel mengakhirinya dengan numpang mobil lawan ke pitlane.

Max Verstappen boleh menjadi juara setelah mendominasi lomba sejak lap-lap awal, tapi tontonan sebenarnya adalah perburuan Vettel mengejar rombongan pembalap terdepan dari posisi start paling buncit.

Harapan Ferrari untuk bisa tampil agresif di Malaysia sebenarnya sudah buyar sejak sebelum start. Satu-satunya jagoan mereka yang bisa diandalkan bertarung melawan pembalap Mercedes dan Red Bull, Kimi Raikkonen, terpaksa harus kembali ke garasi karena mesin mobilnya rusak. Tinggalah Vettel satu-satunya wakil skuad Kuda Jingkrak yang tersisa.

Namun begitu lampu start dipadamkan, Vettel langsung kalap untuk memburu lawan-lawannya. Vettel punya keuntungan bebas memilih ban karena tidak turun di sesi kualifikasi. Untuk itu dia memasang ban soft untuk stint pertama. Pilihan ban tersebut ternyata tepat. Di saat pembalap top di depan memasang super soft, maka Vettel punya umur lebih panjang untuk bisa bertarung.

Setelah melewati tiga lap, Vettel sudah merangsek ke posisi 13. Itu berarti dia sudah berhasil melewati lima pembalap. Perburuan berlanjut dengan cepat. Vettel berkali-kali mencatat fastest lap. Dia bahkan mencatat rekor baru fastest lap lomba yakni 1 menit 34,080 detik. Rekor sebelumnya dipegang Juan Pablo Montoya 1 menit 34,223 detik yang terukir pada 2004. Bukan itu saja, timnya juga menjadi yang terdepan dalam melakukan pit stop yakni 2,2 detik.

Dengan fakta-fakta tersebut, Vettel adalah pembalap tercepat di Malaysia. Andai Vettel tak mengalami masalah mesi pada sesi kualifikasi dan bisa start di barisan depan, kemungkinan besar dia bisa menang dengan sangat meyakinkan.

Setelah pit stop dan mengganti ban soft ke supersoft, Vettel semakin menggila. Catatan rata-rata lap-nya lebih cepat 0,8 detik dari Ricciardo dan 1,2 detik dari Hamilton. Ricciardo yang berada tepat di depan Vettel langsung diingatkan timnya melalui radio. ''Seb akan bersamamu lima lap lagi,''.

Artinya, pada lap ke-50, Red Bull memprediksi Vettel bakal sangat dekat dengan Ricciardo dan kemungkinan besar bisa menyalipnya. Ricciardo, setelah pit stop memasang ban soft yang di atas kertas memang lebih lambat dari super soft milik Vettel.

Namun beruntunglah Ricciardo karena berkali-kali traffic membantunya lepas dari kejaran Vettel. Puncaknya pada lap 48 ketika Fernando Alonso (McLaren-Honda) yang sudah berada di posisi blue flag (overlap) sedikit menghalangi laju Vettel. ''Ayolah Alonso, saya pikir kamu lebih baik dari itu,'' teriak Vettel melalui radio.

Setelah insiden tersebut Ricciardo berhasil melepaskan diri dari kejaran Vettel. Karena menggeber habis-habisan mobilnya untuk mengejar Ricciardo ban mobil Vettel amblas. ''Bagus Daniel, kau menghancurkan semangat Sebastian. Sekarang dia harus menjaga bannya baik-baik,'' suara dari pit wall Red Bull melalui radio.

Vettel akhirnya finis keempat, tepat di belakang Ricciardo. Namun ketika sudah melewati finis dan memperlambat mobilnya, dia justru bertabrakan dengan pembalap Williams-Mercedes Lance Stroll. Insiden tersebut mematahkan roda kiri belakangnya. Vettel harus menumpang mobil Pascal Wehrlein (Sauber) untuk kembali ke pitlane. Aksi heroik Vettel tersebut diganjar driver of the day dari FIA. (cak/nur)

Hasil Balapan Formula 1 GP Malaysia, Minggu (1/10)

1.Max Verstappen NED Red Bull Racing-TAG Heuer 56 laps
2.Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport
3.Daniel Ricciardo AUS Red Bull Racing-TAG Heuer
4.Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari
5.Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport
6.Sergio Perez MEX Sahara Force India-Mercedes
7.Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda
8.Lance Stroll CAN Williams Martini Racing-Mercedes
9.Felipe Massa BRA Williams Martini Racing-Mercedes
10.Esteban Ocon FRA Sahara Force India-Mercedes
11.Fernando Alonso ESP McLaren-Honda
12.Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari
13.Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari
14.Pierre Gasly FRA Scuderia Toro Rosso-Renault
15.Jolyon Palmer GBR Renault Sport F1
16.Nico Hulkenberg GER Renault Sport F1
17.Pascal Wehrlein GER Sauber-Ferrari
18.Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari

Tidak Finis
Carlos Sainz SPA Scuderia Toro Rosso-Renault

Gagal Start

Klik link di bawah ini untuk menonton video tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=YTz5jb0a7ek

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%