November, Babel Gelar Kejurnas Tinju dan Badminton

Sabtu, 07 Oktober 2017 | 11:20
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (keempat dari kiri) bersama atlet bulutangkis (kiri ke kanan) Lilyana Natsir, Tontowi Ahmad, Marcus Feraldi Gideon Kevin Sanjaya Sukomulyo, Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Rahmadi dan Kepala Kantor Penghubung Provinsi, Fajri (kanan) di pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (6/10).

INDOPOS.CO.ID - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menginisiasi Bangka Belitung (Babel) sebagai tuan rumah untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bulu Tangkis dan Tinju 2017. Bahkan Erzaldi menyampaikan tawaran ini dengan langsung meyambangi markas besar Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas) Bulu Tangkis, Cipayung, Jakarta Timur.

Erzaldi bertemu dengan Ketua Harian Pengurus Pusat PersatuanBulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Alex Tirta, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susi Susanti dan Direktur Perlombaan Luar Negeri didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Rahmadi dan Kepala Kantor Penghubung Provinsi, Fajri. 

“Mohon doanya, semoga kita mendapat kepercayaan dari PBSI untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Kejurnas 2017 maupun International Grandprix 2018,” kata Erzaldi, di pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (6/10).

Bahkan Lebih Jauh Erzaldi mengungkapkan ingin menjadikan Bangka Belitung sebagai pusat kompetisi olahraga nasional bahkan internasional. Keinginan tersebut tidak lain untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui wisata yang dipadukan dengan kegiatan olahraga.

Seperti diketahui, keindahan alam Bangka yang terdiri dari 900 pulau ini menyuguhkan panorama alam yang mampu menarik wisata lokal maupun mancanegara. Hal itu tentu akan menjadi magnet tersendiri bagi atlet. 

“Kami ingin menawakan kepada PBSI dalam hal pengembangan olahraga. Salah satu visi kami, masyarakatnya cinta olahraga, gemar beraktivitas olahraga dan mewujudkan sport tourism. Olahraga dijadikan wisata, ditambah lagi, masyarakat kami sangat antusias dengan bulutangkis, tetapi belum ada yang sampai berniat jadi atlet berprestasi, untuk itu kami ingin memotivasi mereka,” ungkap mantan Bupati Bangka Tengah ini.

Lebih jauh Erzaldi mengatakan, Babel juga sudah bersiap mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga multi event skala nasional. Fasilitas olahraga untuk PON 2024 dikatakan sudah siap dan masih akan berlanjut dikembangkan. “Kalau berkaitan dengan fasilitas, kami menawarkan diri untuk tuan rumah PON 2024. Sudah dinilai oleh Panitia PON mencapai tahap 50 persen. Khusus untuk bulutangkis, kami punya venue basket dan bisa digunakan untuk bulutangkis, sudah memenuhi peryaratan,” lanjutnya.

Gayung bersambut, tawaran Erzaldi tersebut disambut hangat Ketua Harian PBSI, Alex Tirta. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi niat Bangka Belitung yang ingin berkontribusi dalam penyelenggaraan turnamen bulutangkis. Kalau memang sarana dan prasarana memadai, tentunya sangat bagus jika turnamen bulutangkis dapat tersebar di daerah-daerah di seluruh Indonesia,” ujar Alex. 

“Pengajuan ini tentu akan kami survei terlebih dahulu, terutama dalam kaitan sarana dan prasarana. Untuk event internasional, bahkan harus memenuhi standard dari BWF (Badminton World Federation),” tambah Alex.

Sementara menunggu keputusan dari PBSI, Pengurus Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Babel juga tengah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Tinju Nasional pada 10 November mendatang.

Ketua Umum Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia), Johni Asadoma, Jumat (22/9) lalu, mengatakan Babel ditunjuk menjadi tuan rumah kejurnas tinju. Karenanya Pertina Babel segera untuk mempersiapkan atlet, sasana tinju serta sarana pertandingan seperti wasit dan hakim. 

"November ini Babel harus mempersiapkan diri untuk kejurnas tinju. Karena itu pengurus pertina yang baru saja saya lantik ini agar mempersiapkan atlet-atletnya, sasana tinju serta sarana pertandingan pendukung lainnya," kata Johni.

Dia juga berharap dari pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh Pertina Babel dapat melahirkan atlet berprestasi yang bisa bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional. Menyambut gelaran ini, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengapresiasi dan memberi dukungan penuh untuk Pertina. 

"Melalui Kejurnas tinju ini kita bisa mengembangkan sportourism. Ini juga mendukung program pemerintahan babel. Karena itu kita dukung kegiatan ini dan minta pertina untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kita harapkan kita mendapatkan dua kesuksesan, yakni sukses atltetnya dan sukses penyelenggaraanya," kata dia. (jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%