Tiga Skenario Besar Marquez Pertahankan Gelar MotoGP 2017

Marc Marquez dan Dovizioso paling berkepentingan dengan sisa 100 poin

Senin, 09 Oktober 2017 | 00:53
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Marc Marquez

INDOPOS.CO.ID - Marc Marquez berpeluang mempertahankan gelar  MotoGP 2017. Marquez kini  mengoleksi 224 poin atau memimpin 16 poin dari rival terdekat, Andrea Dovizioso, dengan empat seri tersisa.

Masih ada 100 poin untuk  diperebutkan oleh kontestan MotoGP.  Marc Marquez dan Dovizioso paling berkepentingan dengan sisa 100 poin . Meski begitu, jangan juga coret peluang pembalap Yamaha, Maverick Vinales. 

Eks pembalap Suzuki ini memang masih terpaut 24 poin dari Marquez. Namun, sekali saja Marquez dan Dovizioso melakukan kesalahan, Vinales bisa menyalip di tikungan.

Perebutan juara pun bakal makin seru. Seperti MotoGP 2015, penentu gelar juara terjadi di seri terakhir MotoGP Valencia. Valentino Rossi terkena sial karena start dari posisi buncit harus melupakan gelar juara yang sebenarnya sudah di depan mata.

Rossi kalah lima poin saja dari Jorge Lorenzo kalai itu juara di MotoGP Valencia. Demi mengamankan gelar juara, bagaimana skenario Marquez bisa menjadi juara dunia? 

Sapu Bersih Semua Seri
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipercaya tetap bisa menjadi juara dunia MotoGP 2017 meski tak mendapat bantuan rekan satu tim,  Dani Pedrosa. 

Ini menjadi skenario paling sulit. Marc Marquez harus memenangi seluruh sisa MotoGP, dimulai dari MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pekan depan. Meski berat, ini bukan misi mustahil. Toh, Marquez sudah menang dua kali beruntun sejak MotoGP San Marino disusul MotoGP Aragon.

Marquez pernah melakukan balap fenomenal dengan menang 10 kali beruntun. Itu terjadi pada MotoGP 2014, saat dia baru memasuki tahun kedua ikut MotoGP.

Seperti disinyalir Valentino Rossi, Marquez dan Honda temui titik balik setelah jeda putaran pertama. Rossi mengatakan, Honda saat ini sedang memanfaatkan momentum setelah lakukan tes pada tengah musim.

2. Menang Dua Kali
Marquez juga bisa cukup menang dua kali saja di empat seri tersisa. Dengan skenario ini, The Baby Alien sudah mendapatkan tambahan 50 poin atau total poin menjadi 274.

Angka ini tentu belum aman untuk merebut gelar juara dunia MotoGP. Karena itu, Marquez bisa lebih aman dengan cukup merebut dua kali podium dua.

Dengan torehan itu, total poin  Marquez, 314 poin. Melalui skenario ini, Dovizioso mustahil merebut juara karena poin Dovi tidak mungkin mengejar Marquez.

Dovizioso hanya akan mendapatkan 298 poin lewat skenario itu. Bukan cuma Dovizioso, Maverick Vinales pun praktis akan tersisih dari persaingan juara MotoGP 2017.

3. Andrea Dovizioso Gagal Finis
Satu lagi dan mungkin skenario terakhir untuk  memuluskan langkah Marc Marquez jadi juara, Andrea Dovizioso gagal finis di salah satu dari empat seri tersisa. Marquez bisa maksimalkan kesalahan Dovizioso ini dengan merebut juara.

Dengan demikian, Dovizioso makin tertinggal dari Marquez. Dovizioso bakal tertinggal 41 poin dari Marquez. Pembalap asal Spanyol ini cukup merebut podium dua di tiga seri tersisa.

Meski Dovizioso, misal,  memenangi tiga seri tersisa setelah gagal finis dan Marquez hanya podium dua tiga kali, mustahil poin Marquez bisa terkejar. Melalui  skenario ini, Dovizioso meraih total poin 285, sedangkan Marquez 309 poin.

Tentu, skenario-skenario ini tampak terlalu ideal. Faktor teknis dan nonteknis seperti cuaca bisa saja menjungkirbalikkan semua prediksi.

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%