5 Skenario Argentina Perpanjang Napas ke Piala Dunia 2018

Argentina kini di ujung tanduk pada Kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL

Selasa, 10 Oktober 2017 | 21:41
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Timnas Argentina

INDOPOS.CO.ID - Juara dunia dua kali Argentina menghadapi situasi pelik di penghujung kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Finalis PD 2014 ini  terancam gagal ke Rusia. Kecemasan Argentina bakal absen di Piala Dunia 2018 semakin menjadi menyusul 

hasil seri tanpa gol kontra Peru, Kamis (5/10), Argentina kini terdampar di peringkat enam klasemen dengan koleksi 25 poin. Lionel Messi dkk. berada di ujung tanduk!. 

Beruntung, karena peringkat ketiga Cile hanya berjarak satu poin dengan Argentina, maka beragam skenario bisa tercipta di laga pamungkas kualifikasi Selasa (10/10) atau Rabu pagi hari waktu Indonesia. 

Harapan pasukan Jorge Sampaoli untuk lolos ke Rusia 2018 masih terbuka. La Albiceleste tentu saja ingin terhindar dari pengulangan sejarah pahit Meksiko 1970, satu-satunya Piala Dunia yang gagal mereka ikuti.

Pada laga pamungkas, Argentina akan menghadapi Ekuador. Bagi Ekuador pertandingan ini sudah tanpa nilai, lantaran mereka dipastikan telah tereliminasi .Meski demikian, Ekuador tentu tetap menjaga gengsi karena mereka bermain di kandang sendiri di Estadio Olimpico Atahualpa, Quito. 

Selain itu, hasil di laga lain juga turut berpengaruh. Setidaknya terdapat  lima skenario Argentina untuk mengamankan kans ke Piala Dunia Berikut ulasan skenario tersebut sebagaimana dilansir dari Goal.

1. Skenario ideal. Argentina menang atas Ekuador, sementara Cile gagal mengalahkan Brasil. Hasil ini akan membuat Argentina mengakhiri kualifikasi di empat besar dan lolos otomatis. Situasi serupa akan terjadi kalau Argentina menang atas Ekuador, sementara Peru gagal menaklukkan Kolombia.

2. Kemenangan atas Ekuador hanya akan mengantarkan Argentina finis kelima alias harus melalui jalur play-off. Hal itu terjadi apabila Cile dan Kolombia sama-sama memetik kemenangan, masing-masing atas Brasil dan Peru.

3.  Argentina sebetulnya cukup bermain seri dengan Ekuador untuk bisa lolos otomatis. Namun skenario ini sangat berisiko karena harus menggantungkan hasil pada tiga laga lain: Cile harus kalah dengan selisih dua gol atau lebih kontra Brasil, Kolombia menang atau kalah kontra Peru, dan Paraguay gagal menaklukkan Venezuela. Permutasi ini akan membuat Argentina finis keempat.

4. merupakan modifikasi dari skenario ketiga. Argentina bermain imbang kontra Ekuador disertai dengan kekalahan telak Cile kontra Brasil, hasil seri Peru-Kolombia, dan Paraguay gagal menang atas Venezuela. Rangkaian hasil di atas akan membuat Argentina finis kelima alias masuk jalur play-off.

5. Skenario paling berisiko. Kendati kalah melawan Ekuador, Argentina tetap berpeluang lolos lewat jalur play-off. Dengan syarat: Peru menelan kekalahan (vs Kolombia) lebih berat ketimbang kekalahan dari  Argentina (vs Ekuador), dan Paraguay cuma sanggup bermain seri atau kalah kontra Venezuela

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%