Bisikan Falcao Buat Federasi Chile Cium Skandal Pengaturan Skor

Falcao meminta pemain Peru untuk memanipulasi hasil pertandingan

Jumat, 13 Oktober 2017 | 08:33
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Radamel Falcao berbisik kepada pemain Peru


Federasi sepakbola Chile (ANGP) berniat menggugat hasil imbang pertandingan antara Kolombia kontra Peru pasa laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018  zona CONMEBOL. ANFP menganggap duel tersebut telah ternoda dengan pengaturan skor.

Dugaan itu muncul setelah pemain Kolombia, Radamel Falcao tertangkap kamera sedang berbisik kepada pemain Peru agar menurunkan tempo permainan. Kalau kedua tim imbang, Kolombia dan Peru berpeluang lolos ke babak selanjutnya. Kolombia memang otomatis ke Piala Dunia, sedangkan Peru harus menjalani partai play-off.

Kolombia pun berhak melaju ke putaran final setelah menempati urutan keempat klasemen akhir zona CONMEBOL dengan 27 poin. Sedangkan, Peru melaju ke babak playoff karena pada pertandingan lain, Chile kalah 0-3 dari Brasil dan gagal melaju ke Piala Dunia.

Salah seorang pemain Peru, Renato Tapia, membenarkan Falcao menyampaikan sesuatu kepadanya. "Saya bicara kepada Falcao dan dia mengatakan kepadaku bahwa tim kami sama-sama unggul (babak kualifikasi)," kata Tapia usai pertandingan seperti dilansir AS.

Falcao tidak membantah telah berbisik kepada pemain Peru lain. "Kami tahu skor pertandingan lain. Itu yang saya sampaikan kepada Paulo Guerrero,” kata pemain AS Monaco tersebut. 

Hasil imbang diraih Peru dan Kolombia membuat Chile gagal ke Piala Dunia 2018. Sebab, Alexis Sanchez dan kawan-kawan mengakhiri klasemen di urutan ke-6 dengan koleksi 26 poin. Padahal, bila Kolombia menang, Chile bakal melaju ke babak playoff. 
ANFP berniat melaporkan kedua tim ke FIFA atas dugaan pengaturan skor. 

Seperti dilaporkan media asal Chile, La Tercera, ANFP mengacu pada surat edaran FIFA pada bulan Mei 2014 sub paragraf 6.3.2 mengenai 'Upaya mempengaruhi pertandingan dan hasil secara tidak sah'. 

Sesuai regulasi, hukuman mencakup, dicoret dari kompetisi, penurunan kasta ke divisi lebih rendah, pengurangan poin atau pembatalan gelar. 

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%